Jenazah Wakil Gubernur (wagub) Bali periode 1985-1989 Brigjen TNI Purn I Dewa Gde Oka dimandikan dalam prosesi nyiramin, Kamis (30/11). (BP/ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Jenazah Wakil Gubernur (wagub) Bali periode 1985-1989 Brigjen TNI Purn I Dewa Gde Oka dimandikan dalam prosesi nyiramin, Kamis (30/11). Upacara nyiramin dilaksanakan di rumah duka di Banjar Pande, Kelurahan Cempaga, Bangli.

Adik almarhum, Dewa Danendra ditemui di rumah duka mengatakan setelah upacara nyiramin, jenazah almarhum akan disemayamkan. Selanjutnya pada Jumat (1/12) pagi akan dilaksanakan upacara mekingsan ring gni di Setra Dalem Gede Selaungan, Kelurahan Cempaga. Upacara perabuan tersebut akan diawali dengan upacara militer sebagai penghormatan terakhir.

Baca juga:  Gudang Terbakar di Darmasaba, Satu Anak Meninggal

Dewa Danendra mengungkapkan sebelum meninggal, kakaknya itu sempat berpesan tidak mau langsung diaben. Almarhum hanya mau diaben saat upacara ngaben massal di Banjar adat setempat. Dimana sesuai awig Banjar adat setempat, upacara ngaben massal digelar setiap tiga tahun sekali. “Beliau juga sempat berpesan tidak mau diformalin,” ungkapnya.

Di mata keluarga, almarhum yang pernah menjabat Bupati Badung itu merupakan sosok panutan. Almarhum semasa hidupnya sangat disiplin dan menjadi contoh bagi keluarga. “Bagi kami beliau bukan saja sebagai kakak namun juga orang tua yang membimbing kami semua,” kata Dewa Danendra.

Baca juga:  Ini, Probabilitas Tingkat Kesembuhan COVID-19

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya Dewa Gde Oka meninggal di usia 87 tahun saat menjalani perawatan di RS Wangaya, Denpasar. Ia telah dirawat di rumah sakit tersebut sejak 16 November 2023 karena sakit komplikasi.

Semasa hidupnya I Dewa Gde Oka mengawali karir sebagai TNI. Dewa Oka pernah bertugas di Kalimantan. Lalu menjabat Dandim Badung dan kepala staf korem (Kasrem). Dewa Gde Oka pernah menjabat sebagai Bupati Badung selama sepuluh tahun dari tahun 1975-1985. Setelah itu menjabat Wakil Gubernur Bali dari tahun 1985-1989. Dewa Gde Oka menjadi Wagub pada era Gubernur Bali Ida Bagus Mantra dan Ida Bagus Oka.

Baca juga:  Seimbangkan Alam Bali, Pemprov Bali Gelar Pemelepeh lan Pemahayu Jagat

Pada tahun 1992, Dewa Gde Oka menduduki jabatan sebagai Ketua DPD Golkar Bali. Selanjutnya ia menjabat sebagai anggota DPR RI hingga tahun 1999. Setelah itu Dewa Gde Oka banyak aktif dalam kegiatan sosial. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN