Upacara militer mengawali Makingsan ring Geni Mantan Wakil Gubernur (wagub) Bali Brigjen TNI Purn I Dewa Gde Oka di Setra Dalem Gede Selaungan, Kelurahan Cempaga, Bangli, Jumat (1/12). (BP/Ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Jenasah Mantan Wakil Gubernur (wagub) Bali Brigjen TNI Purn I Dewa Gde Oka diupacarai makingsan ring gni di Setra Dalem Gede Selaungan, Kelurahan Cempaga, Bangli, Jumat (1/12). Upacara diawali dengan apel penghormatan yang dilaksanakan secara militer oleh Kodim 1626/Bangli.

Dandim 1626/Bangli Letkol Kav I Ketut Artha Negara menyampaikan, upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan atas jasa, Dharma bakti dan pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa semasa hidupnya. Selaku inspektur upacara dan secara pribadi, Artha Negara menyampaikan belasungkawa seraya memanjatkan doa semoga Tuhan mmberikan ketabahan, kesabaran dan perlindungan kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan.

Baca juga:  Setelah Permukiman Warga, Bantuan Pembaca Bali Post Diserahkan ke Sekolah Selat

“Dengan kepergian almarhum kita semua telah kehilangan seorang putra terbaik bangsa yang selalu memegang teguh prinsip-prinsip keprajuritan, setia kepada negara dan telah bekerjakeras dalam mengemban tugas negara yang menjadi tanggungjawabnya dengan baik. Semua yang dilakukan almarhum semasa hidupnya terutama saat beliau mengemban tugas negara dengan penuh semangat dan keikhlasan hendaknya menjadi suri tauladan bagi kita semua yang masih hidup dalam melanjutkan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara,” kata Artha Negara.

Artha Negara juga mengajak seluruh yang hadir dalam upacara tersebut memberikan doa terbaik untuk almarhum.

Baca juga:  Diawali Upacara Militer, Mantan Wagub Bali Dewa Gde Oka "Mekingsan Ring Gni"

Sementara itu, Dewa Sayoga, keponakan almarhum mewakili keluarga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dandim, jajaran TNI di lingkungan Kodim 1626/Bangli serta seluruh pihak yang sudah mengantar kepergian almarhum dan membantu sehingga prosesi upacara almarhum bisa berjalan lancar. Dalam kesempatan Dewa Sayoga juga memohon maaf jika ada kesalahan almarhum semasa hidupnya.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya Dewa Gde Oka meninggal di usia 87 tahun saat menjalani perawatan di RS Wangaya, Denpasar. Ia telah dirawat di rumah sakit tersebut sejak 16 November 2023 karena sakit komplikasi.

Semasa hidupnya I Dewa Gde Oka mengawali karir sebagai TNI. Dewa Oka pernah bertugas di Kalimantan. Lalu menjabat Dandim Badung dan kepala staf korem (Kasrem). Dewa Gde Oka pernah menjabat sebagai Bupati Badung selama sepuluh tahun dari tahun 1975-1985. Setelah itu menjabat Wakil Gubernur Bali dari tahun 1985-1989. Dewa Gde Oka menjadi Wagub pada era Gubernur Bali Ida Bagus Mantra dan Ida Bagus Oka.

Baca juga:  COVID-19 Mereda, PTM Diharapkan Segera Terlaksana

Pada tahun 1992, Dewa Gde Oka menduduki jabatan sebagai Ketua DPD Golkar Bali. Selanjutnya ia menjabat sebagai anggota DPR RI hingga tahun 1999. Setelah itu Dewa Gde Oka banyak aktif dalam kegiatan sosial. (Dayu Swasrina/Balipost)

BAGIKAN