DENPASAR, BALIPOST.com – Dalam rangka memperingati Hari Puputan Margarana Tahun 2023 sekaligus untuk mengenang jasa para pahlawan serta menanamkan jiwa nasionalisme, memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa dilakukan Napak Tilas dan Kirab Pataka, Panji Panji, dan surat sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai.

Setelah dilakukan di Kabupaten Gianyar, kini kirab berlangsung di Denpasar. Kirab dan gerak jalan ini dilaksanakan di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung Denpasar menuju Puri Kesiman, Jumat 17 November 2023.

Baca juga:  Sidak Duktang di Densel, Sejumlah Warga Terjaring Tanpa Identitas

Sejak pagi terlihat ratusan pelajar dengan mengenakan pakaian bertemakan perjuangan telah berkumpul di lapangan Puputan Badung untuk mengikuti upacara serah terima Pataka Panji Panji dan surat sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai serta mengikuti gerak jalan peringatan Hari Puputan Margarana. Diawali dengan upacara yang dipimpin Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara. Usai apel, Wali Kota langsung melepas kegiatan gerak jalan atau napak tilas.

Baca juga:  Dari Program Anak Bangsa SWiB, SMAN 3 Amlapura Pertahankan Juara Pelacakan

Tampak hadir seluruh Pejabat Pemkot Denpasar, unsur TNI, Polri, Veteran, serta organisasi dan masyarakat lainnya.

Jaya Negara mengatakan, napak tilas ini merupakan kegiatan untuk mengenang perjuangan pahlawan I Gusti Ngurah Rai mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Pulau Bali ini dan juga mengajak para siswa SMP dan SMA yang mengikuti napak tilas ini memiliki semangat perjuangan seperti pahlawan. (Asmara Putera/balipost)

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *