Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karangasem, I Wayan Sutapa. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Setelah tiga tahun tak digelar akibat COVID-19, Pemkab Karangasem akhirnya kembali melaksanakan kegiatan napak tilas rute perjuangan I Gusti Ngurah Rai dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus. Hal itu diungkapkan Kepala Kesbangpolinmas Kabupaten Karangasem, I Wayan Sutapa, Jumat (4/8).

Sutapa mengatakan tahun ini napak tilas akan kembali dilaksanakan setelah sempat vakum selama 3 tahun akibat pandemi COVID-19. Kegiatan napak tilas melibatkan peserta tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Karangasem. “Rencananya akan melibatkan 32 tim putra dan putri,” ucapnya.

Baca juga:  Restoran di Pengosekan Terbakar, Kerugian Puluhan Juta

Menurut Sutapa, rute napak tilas akan melalui jalur semula yang dimulai dari Dusun Pemuteran, Desa Pempatan menuju titik menginap di SD 2 Sebudi, Kecamatan Selat. Esoknya dilanjutkan menuju Tanah Aron serta ke Pura Laga untuk selanjutnya peserta akan menginap di Pura Laga.

Keesokannya, pada 17 Agustus 2023 menuju Gedung Yasa Kerti Amlapura untuk mengikuti persiapan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Lapangan Tanah Aron. “Sebelum kegiatan napak tilas dimulai, tim lebih dulu akan melakukan pengecekan terhadap kondisi jalur napak tilas yang dilalui oleh peserta. Jika memungkinkan kita akan gunakan jalur semula, tapi kalau medannya tidak memungkinkan kita cari jalur alternatif,” kata Sutapa.

Baca juga:  Sempat Vakum 2 Tahun, Pemilihan Jegeg-Bagus Gaungkan Pariwisata Gianyar

Disinggung anggaran, Sutapa menegaskan untuk anggaran memang belum memadai. Dan sejauh ini pihaknya masih mengajukan anggaran sekitar Rp60 juta untuk hadiahnya. “Untuk kebutuhan makan dan minum nanti kita akan mencarikan dana melalui CSR,” tegasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN