Lepas- Bupati Karangasem I Gede Dana didampingi Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, serta Sekda I Ketut Sedana Mertha saat melakukan pelepasan Napak Tilas Perjuangan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai, yang bertempat di Lapangan Umum Pemuteran Desa Pempatan Kecamatan Rendang, Karangasem, Selasa (15/8). (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bupati Karangasem I Gede Dana didampingi Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, serta Sekda I Ketut Sedana Mertha memimpin langsung pelaksanaan upacara pelepasan Napak Tilas Perjuangan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai, yang bertempat di Lapangan Umum Pemuteran, Desa Pempatan Kecamatan Rendang, Karangasem, Selasa (15/8).

Bupati Karangasem, I Gede Dana, mengungkapkan, sebelum upacara pelepasan peserta Napak tilas, lebih dulu dilaksanakan terlebih dahulu melakukan persembahyangan bersama di Tugu Tonggak Pahlawan Perjuangan I Gusti Ngurah Rai. Persembahyangan diikuti Jro Mangku serta warga setempat.

Baca juga:  Lewat LEM, Enam Desa di Pupuan Jadi Desa Mandiri Benih

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud peningkatan kesadaran menghormati nilai-nilai perjuangan Para Pahlawan I Gusti Ngurah Rai mempertaruhkan jiwa raganya untuk berjuang demi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Dan untuk peserta jumlahnya sebanyak 200 orang, yakni untuk putra 20 regu dan putri 9 regu dari sekolah SMA/SMK,” ucap Gede Dana.

Gede Dana, menambahkan, pihaknya berharap kepada seluruh para peserta pelacakan agar selalu menjaga kekompakannya, saling membangun komunikasi menunjukkan sikap Nasionalisme seperti di tanamkan oleh para pejuang. “Semoga semuanya berjalan lancar, dan dalam perjalanannya semuanya selamat sampai tujuan,” katanya.

Baca juga:  Tanamkan Nilai Nasionalisme dan Patriotisme Sejak Dini

Dia menjelaskan, untuk perjalannya yaitu dari tanggal 15 dari Pemuteran menuju ke Sebudi dan disana beristirahat dan langsung menginap. Kemudian selanjutnya pada tanggal 16 melanjutkan perjalanan menuju ke Pura Laga sekaligus beristirahat menginap, yang kemudian pada tanggal 17 Agustus Tahun 2023 Pagi baru kembali melakukan perjalanan menuju ke Yayasan Yasa Kerti untuk berkumpul persiapan akan melaksanakan detik-detik upacara Apel memperingati Kemerdekaan HUT RI ke-78 Tahun 2023 bertempat di Lapangan Tanah Aron Karangasem. (Adv/Balipost)

Baca juga:  Perbaikan Lapangan Yowana Wijaya Dianggarkan Tahun 2024
BAGIKAN