Sejumlah wisatawan menyaksikan gumpalan awan yang bergerak membawa hujan di Pantai Kuta, Bali. (BP/Dokumen Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Beberapa wilayah di Bali telah diguyur hujan ringan, Minggu (12/11). Seperti yang terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Tabanan. Ini sesuai dengan prediksi BMKG Wilayah III Denpasar. Dimana, pada 11 – 20 November 2023, diperkirakan beberapa wilayah di Bali dilanda hujan ringan.

Beberapa wilayah yang berpeluang terjadi hujan di Bali, yakni di Kabupaten Tabanan, Kabupaten Jembrana, dan Kabupaten Buleleng di Kecamatan Busungbiu, Kecamatan Banjar, Kecamatan Seririt, Kecamatan Sukasada, dan Kecamatan Sawan. Di Kabupaten Badung terjadi di Kecamatan Petang, Kecamatan Abiansemal, Kecamatan Mengwi, dan Kecamatan Kuta Utara. Di Kota Denpasar terjadi Kecamatan Denpasar Selatan dan Kecamatan Denpasar Barat.

Baca juga:  Dukung Bali Buka "Border," AP I Beri Stimulus ke Maskapai

Di Gianyar terjadi di Kecamatan Payangan, Kecamatan Tegalalang, Kecamatan Tampaksiring, dan Kecamatan Ubud. Di Kabupatan Bangli terjadi di Kecamatan Susut, Kecamatan Tembuku, dan Kecamatan Bangli. Sedangkan, di Kabupaten Karangasem terjadi di Kecamatan Selat, Sidemen, Kecamatan Rendang, dan Kecamatan Manggis.

Meskipun beberapa wilayah di Bali telah dilanda hujan, namun beberapa wilayah masih dilanda tidak hujan berturut-turut >30 hari. Kondisi ini terjadi di Kabupaten Buleleng (Gerokgak, Sawan, Tejakula), Kabupaten Bangli (Bangli, Kintamani, Tembuku), Kabupaten Karangasem (Karangasem, Kubu), Kabupaten Badung (Mengwi), Kabupaten Klungkung (Nusa Penida), dan Kabupaten Gianyar (Sukawati).

Baca juga:  Kasus Perampokan Minimarket Ditangani Polresta

Bahkan, BMKG Wilayah III Denpasar mengklasifikasikan 3 wilayah di Bali dengan ranking teratas (terparah) mengalami hari tidak turun hujan. Yaitu, Kabupaten Karangasem 131 hari (Kubu), Kabupaten Buleleng 125 hari (Gerokgak), Kabupaten Buleleng 124 hari (Sawan). Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk mewaspadai potensi kekeringan dengan hemat penggunaan air bersih dan selalu update informasi cuaca dan iklim melalui kanal yang ada. (Winatha/balipost)

Baca juga:  Hujan Lebat, Barang Pedagang Pantai Dreamland Disapu Air Bah
BAGIKAN