Suasana di Terminal Internasional di Bandara Ngurah Rai, Badung, Bali. (BP/Dokumen)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Sebanyak 30 unit autogate pemeriksaan dokumen keimigrasian tengah dipasang di Terminal Kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai. Pemasangan mesin pemindai dokumen keimigrasian otomatis itu diperkirakan rampung pada 26 Desember mendatang. Selama pengerjaan, pelayanan keimigrasian dipastikan tidak terganggu.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai, Suhendra mengungkapkan, fasilitas tersebut disediakan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Tujuannya, memperlancar pemeriksaan keimigrasian bagi pelaku perjalanan internasional terutama WNI dan WNA pengguna E-VOA.

Baca juga:  Jelang Lebaran, Polantas Sambangi Sopir Bus

Ia memastikan, pemasangan autogate tersebut tidak akan mengganggu pelayanan pemeriksaan keimigrasian. “Sebab, seluruh konter pemeriksaan reguler tetap dibuka,” ujarnya, Selasa (31/10).

Menurutnya, total sebanyak 90 mesin autogate yang akan dipasang. Terdiri dari 60 mesin autogate baru yang akan ditempatkan di terminal kedatangan internasional dan 30 lainnya di terminal keberangkatan internasional. Pemasangan akan dilakukan dalam dua tahap. Pemasangan 30 autogate saat ini merupakan kegiatan tahap I. Sisanya akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang.

Baca juga:  Menggelandang, WN Italia Diamankan Satpol PP

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan mengaku telah melakukan koordinasi dengan Imigrasi Ngurah Rai untuk melakukan pengaturan kedatangan penumpang dan memastikan pelayanan Imigrasi di area kedatangan dapat dilayani di konter reguler. Melalui pengaturan ini diharapkan operasional bandara tetap berjalan dengan lancar. (Dedi/balipost)

BAGIKAN