pentas seni Gambuh Buddha Kecapi dalam rangkaian program Sastra Saraswati Sewana 2023 di Pemedal Agung Kerta Gosa Klungkung, Bali, Jumat (27/10). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pupuk Kaltim bekerja sama dengan Yayasan Puri Kauhan Ubud menggelar pentas seni Gambuh Buddha Kecapi dalam rangkaian program Sastra Saraswati Sewana 2023 di Pemedal Agung Kerta Gosa Klungkung, Bali, Jumat (27/10). Dukungan dari produsen pupuk dan petrokimia ini merupakan bentuk upaya pelestarian seni dan budaya Bali.

Pentas Seni Gambuh bertajuk Buddha Kecapi merupakan salah satu budaya Bali yang berusia lebih dari 300 tahun. Sejarah panjang itulah yang menarik perhatian Pupuk Kaltim untuk mendukung pentas seni dan budaya ini sebagai salah satu kekayaan serta ciri khas bangsa Indonesia.

“Seni dan budaya tidak bisa dipisahkan dari perjalanan sebuah industri. Kehadiran Pupuk Kaltim mendukung Yayasan Puri Kauhan Ubud merupakan suatu komitmen kami untuk terus mendukung perkembangan seni dan budaya lokal,” kata Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo dalam rilis yang diterima.

Baca juga:  Masyarakat Pesisir Diajak Jaga Ekosistem dan Kearifan Bahari

Disampaikan Budi, urusan pelestarian dan dukungan terhadap aktivitas seni dan budaya Tanah Air bukan hal baru. Di lokasi kantor pusatnya di Bontang, pihaknya memiliki galeri seni yang turut mengabadikan dan merekam perjalanan seni dan budaya Kota Bontang dalam bentuk lukisan, puisi, dan berbagai karya seni lainnya.

Tahun ini, Bali sebagai salah satu daerah tujuan wisata terpopuler di dunia yang juga menyimpan potensi seni dan budaya yang luar biasa, menjadi pilihan pihaknya menunjukkan komitmen dukungannya. Selain itu, Sastra Saraswati Sewana 2023 yang mengangkat tema Wariga Usadha Siddhi dinilai sejalan dengan semangat Pupuk Kaltim. Tema ini mengajarkan tentang relasi yang selaras dan harmonis antara jagad raya, alam semesta dan sesama manusia.

Baca juga:  PKB XLIV Resmi Dibuka, PLN Siap Hadirkan Listrik Tanpa Kedip

Program ini juga merupakan acara sastra dan budaya yang menghormati Saraswati, dewi pengetahuan dan seni yang bertujuan untuk merayakan tradisi sastra Bali yang kaya dan beragam. Dalam melestarikan budaya, Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud AAGN Ari Dwipayana mengapresiasi kehadiran Pupuk Kaltim dalam upaya dan komitmennya melestarikan budaya Indonesia, khususnya Bali.

“Kami bangga bisa menyelenggarakan acara ini bersama dengan Pupuk Kaltim sebagai bentuk kecintaan kami terhadap seni dan budaya di Indonesia. Ini merupakan bukti dimana suatu industri masih memiliki kepedulian terhadap budaya-budaya lokal dan terjun secara langsung untuk melestarikannya,” katanya.

Baca juga:  Yayasan Puri Kauhan Ubud Lanjutkan Pelestarian Lingkungan di Tukad Oos

Ari semakin optimis dalam membawa Gambuh Buddha Kecapi dan seni budaya Bali lainnya kepada audiens yang lebih luas dan melanjutkan misi untuk merayakan dan melestarikan warisan budaya Bali.

“Kami yakin bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki nilai sejarah, seni dan budaya menjadi keistimewaan dan harus dilestarikan. Dan tentunya Pupuk Kaltim akan berusaha untuk mendukung pelestarian seni dan budaya bangsa ini. Tak hanya itu, apa yang kita lestarikan dan pelihara saat ini tentu supaya nantinya kesenian dan budaya Indonesia bisa juga bisa dinikmati oleh generasi-generasi selanjutnya,” tutup Soesilo. (kmb/balipost)

BAGIKAN