Acara nonton bareng film pendek "Purwa Carita Campuhan" digelar, Jumat (3/3). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Lima Film Pendek Purwa Carita Campuhan yang digagas Yayasan Puri Kauhan Ubud mencapai puncaknya dengan pemutaran perdana film karya lima pemenang kompetisi di bioskop. Acara nonton bareng diramaikan 160 orang penonton digelar di Studio XXI Plaza Level 21, Denpasar, Jumat (3/3).

Lima.karya terbaik kompetisi ini adalah film dengan judul Tonya Bindu karya Kirania Maheswari, Boni karya Amrita Dharma dan Gede Nadi, I Swarnangkara karya Petra Paramita, Kacang Dari karya Dodek Sukahet, dan I Tundung karya I Nengah Juliawan.

Baca juga:  Tersetrum, Buruh Tewas di TKP

Dikutip dari rilisnya, Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud, AAGN Ari Dwipayana menyampaikan pemutaran karya pemenang di bioskop ini sebagai penghargaan kepada para peserta lomba. Ia menjelaskan, ajang kompetisi Film Pendek Purwa Carita Campuhan adalah bagian dari rangkaian panjang Program Sastra Saraswati Sewana 2022.

Purwa Carita Campuhan adalah kompetisi ide cerita film pendek tentang pemuliaan air dan pelestarian alam yang dikembangkan dari cerita rakyat Bali. Cerita rakyat tersebut dialih wahanakan ke film pendek agar cocok untuk generasi kekinian, terutama Gen-Z.

Baca juga:  Rakernas JKPI ke-6 Dibuka Bupati Bharata

Dari kurang lebih 60 peserta yg mendaftar, dilakukan serangkaian kurasi dan penjurian oleh juri-juri yang sangat kompeten, yakni Garin Nugroho, Tjokorda Raka Kerthyasa, Anak Agung Gde Ariawan, Happy Salma dan Robi Navicula. Terpilih 5 project film yang akan mendapatkan bantuan dana produksi sebesar masing-masing Rp25 juta rupiah untuk biaya produksi. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *