SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kebakaran pada TPA Jungutbatu Nusa Penida, Klungkung, membuat pemerintah daerah kian meningkatkan upaya pencegahan, agar kebakaran serupa tidak terjadi pada TPA yang lain. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertahanan Klungkung Ketut Suadnyana, Kamis (26/10) mengatakan intensitas penyiraman areal TPA ditingkatkan.

Beberapa tangki air disiramkan tiap hari di seluruh areal TPA agar panas terik yang terjadi saat ini, tidak memicu kebakaran areal TPA.

Baca juga:  Upaya Niskala Ditempuh, Nenek 80 Tahun Hilang 10 Hari Ditemukan Selamat di Dasar Jurang

Kabupaten Klungkung memiliki tiga TPA utama. Dua TPA ll dikelola pemerintah daerah, yakni TPA Sente di Klungkung Daratan dan TPA Biaung di Nusa Penida. Satu TPA lagi di Jungut Batu dikelola langsung oleh desa.

Suadnyana mengatakan sejak fenomena cuaca panas terik terjadi, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah antisipasi. Alat berat dikerahkan setiap hari di areal TPA untuk melakukan penataan, agar tumpukan sampah tidak semakin menggunung.

Baca juga:  Usai Pesta Miras, Anggota Ormas Aniaya Pedagang

Setelah areal TPA tertata, baru dilakukan penyiraman di seluruh areal TPA, agar sampah yang terlalu kering tidak memicu kebakaran. Sebab, dalam situasi seperti ini, sedikit saja ada percikan api, akan sangat cepat membuat kobaran api merembet ke seluruh areal TPA. (Bagiarta/balipost)

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *