DENPASAR, BALIPOST.com – Kontestasi para calon anggota legislatif di Bali pada pemilu serentak tahun 2024 akan berjalan sengit. Pasalnya, jumlah bakal calon legislatif, baik di tingkat DPRD Provinsi Bali maupun di DPD RI terbilang cukup banyak dibandingkan ketersediaan kursi yang ada.

Pengamat budaya Doktor Anak Agung Gede Raka, Selasa (24/10), mengatakan para wakil rakyat nanti agar beradu program menyelamatkan Bali termasuk mensejahterakan krama Bali. Agung Raka dari MAP Unwar ini mengatakan saat sosialisasi dan kampanye sebaiknya juga menyelipkan program unggulannya untuk daerah Bali.

Baca juga:  Permintaan Mabes, Ratusan Brimob Dikirim ke Jakarta

Bukan sekadar masang nama, kemudian minta doa restu dan pilih saya. Tapi, menonjolkan apa ide besar mereka untuk mengusung demi kebaikan Bali. Dengan demikian masyarakat akan memahami program calon wakilnya dan memilih secara tepat. Inilah yang dia sebut dengan wakil rakyat beradu program demi pembangunan Bali.

Dia melihat selama ini belum banyak bacaleg dan bakal calon DPD Bali yang mau demikian. Baru tampak saat Pilgub dan Pilbup dan Pilpres. Mestinya, cara inilah yang juga mendidik masyarakat berpolitik yang baik dan bijak dan pas dengan dunia demokrasi.

Baca juga:  KPU Pastikan 16 Partai Politik Ajukan Bacaleg DPRD Gianyar

Agung Raka menegaskan masyrakat saat ini menginginkan wakil rakyat yang merakyat, dekat dengan rakyat. Sebab saat ini memilih melalui dunia politik dapat diukur dari program kerja yang telah disiapkan kepada masyarakat sebagai rujukannya.

Untuk itu, poin program yang disampaikan hendaknya jangan seperti mimpi sehingga tidak mungkin diwujudkan. Sebaiknya strategi yang tepat adalah program yang disampaikan singkat, padat, jelas, dan sesuai kebutuhan masyarakat yang cenderung kepada perbaikan kehidupan sosial ekonomi masyarakat Bali. (Sueca/Winatha/balipost)

Baca juga:  Aset Pemprov Bali

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *