TABANAN, BALIPOST.com – Beji Mumbul, mata air yang berlokasi di Banjar Dukuh, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, telah lama diyakini memiliki kemampuan menyembuhkan berbagai penyakit kulit, termasuk cacar, jamur, dan kurap. Selain digunakan untuk tujuan penyembuhan, air dari Beji Mumbul juga dapat langsung dikonsumsi.

Bagi warga Tabanan khususnya yang tinggal di wilayah Desa Dauh Peken, tentu tidak asing lagi dengan keberadaan sebuah beji yang bernama Beji Mumbul yang dipercaya memiliki beragam khasiat. Terletak di sebelah barat Pasar Kodok, hampir tiap hari beji ini tidak pernah sepi dari masyarakat yang nunas toya untuk konsumsi maupun untuk tamba.

Baca juga:  Peringati Hari Pahlawan, Kemensos Gelar Ziarah Wisata

Ni Wayan Miasa, putri dari mendiang Jero Mangku Pura Beji Yeh Mumbul, I Wayan Gede Rugeh, mengatakan, mereka yang datang nunas toya ke beji tidak hanya dari warga Tabanan. Ada juga yang dari Denpasar, Badung dan lainnya.

Mereka biasanya datang ada yang madewa, cacar, atau gatal gatal, dan ada juga yang melukat. Di lokasi ini, terdapat sebuah pancuran dengan air yang sangat jernih yang di atasnya berdiri Pura Beji Mumbul dengan beberapa palinggih.

Baca juga:  Rawan Narkoba dan HIV/AIDS, Waitress Kafe Dibina

Air dari Beji Mumbul dianggap memiliki kekuatan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit, dan ini telah diyakini oleh masyarakat setempat. (Puspawati/balipost)

Simak selengkapnya di video

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *