Pasikian Yowana MDA Kabupaten Badung melaksanakan lomba penjor dan gebogan se-Kabupaten Badung. Lomba serangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-14 Kota Mangupura dirangkaikan dengan parade gebongan bertempat di depan Kantor Bupati Badung, Jumat (20/10). (BP/Ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pasikian Yowana MDA Kabupaten Badung melaksanakan lomba penjor dan gebogan se-Kabupaten Badung. Lomba tersebut merupakan serangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-14 Kota Mangupura.

Pada lomba tersebut juga dirangkaikan dengan parade budaya yang berlokasi di Puspem Badung. Manggala Pasikian Yowana MDA Kabupaten Badung, dr Prayoga Mahardika Putra mengatakan, lomba penjor dan gebogan serangkaian HUT Mangupura ke-14 ini mengusung tema “Sundara Rupa” dengan konsep Bebadungan. “Jadi ini petunjuk Bapak Bupati, bagaimana kedepannya kita membuat penjor dengan ciri khas Badung itu sendiri,” ujarnya ditemui, Jumat (20/10).

Baca juga:  Pandemi Covid-19 Tak Boleh Hentikan Kreativitas Bersastra

Ia menjelaskan, peserta dari lomba penjor dan gebogan tersebut yakni seluruh desa adat di Kabupaten Badung yang berjumlah 122. Masing-masing desa adat katanya, mengirim satu penjor dan satu gebogan yang dilimpahkan kepada sekaa teruna di desa adat masing-masing. “Untuk lomba gebogan sendiri kita mengambil konsep panca rengga jadi kan ada buah-buahan yang berasal dari bunga, batang dan sebagainya,” jelasnya.

Melalui lomba penjor ini, pihaknya berharap akan melahirkan konsep Bebadungan. Jadi, kedepannya penjor di Badung akan memiliki jati dirinya sendiri. “Melalui lomba ini kita akan mencari konsep penjor Bebadungan di masing-masing wilayah. Misalnya Bongkasa gimana, Abiansemalnya gimana, Kuta Selatan gimana. Jadi masing-masing kecamatan akan kelihatan konsepnya, ini kita proses mencari pakem. Ini akan terus kita lakukan sampai kita menemukan pakem mana yang akan kita ambil untuk Bebadungan,” paparnya.

Baca juga:  Ketahuan Lakukan Ini, Disbud Badung Ancam Diskualifikasi Peserta Lomba Ogoh-ogoh

Pihaknya pun menggandeng para juri yang berasal dari luar Badung seperti maestro dekorasi Cok Dalem Bernat dan pemerhati penjor Dek Soto. Alasan memilih dari juri dari luar Badung terangnya, agar penilaian lebih independen. “Untuk total hadiah yang akan didapat oleh pemenang nanti kalau tidak salah sekitar 30 juta rupiah,” kata Manggala Yowana Desa Adat Kerobokan tersebut. (Adv/Balipost)

BAGIKAN