Suasana di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Jumat (1/9/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Seluruh operasional penerbangan Citilink akan dipindahkan dari Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung ke Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati. Pemindahan ini akan berlangsung mulai 29 Oktober 2023.

“Kami terus melakukan koordinasi intensif dengan seluruh stakeholder layanan kebandarudaraan setempat untuk memastikan kesiapan operasional layanan penerbangan dapat berjalan secara efektif sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” ujar Direktur Utama Citilink Dewa Rai dalam keterangannya di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (18/10).

Baca juga:  Kemenhub Dorong Penerbangan Nasional Go Internasional

Dewa mengatakan, Citilink mendukung program pemerintah dalam melakukan pemindahan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke BIJB Kertajati.

Ia menyampaikan bahwa perpindahan operasional penerbangan ini diharapkan dapat turut mempercepat pertumbuhan perekonomian baru maupun meningkatkan pariwisata daerah di Jawa Barat dan sekitarnya melalui perluasan akses konektivitas penerbangan nasional.

Menurut dia, telah beroperasinya tol Cisumdawu yang menghubungkan Majalengka dengan Bandung maupun berbagai kota sekitar di Jawa Barat, membuat masyarakat memiliki beragam kemudahan akses transportasi dari dan menuju BIJB Kertajati dengan menggunakan bus, shuttle, maupun jasa transportasi darat lainnya.

Baca juga:  Penerbangan Internasional Dibuka, Badung Harapkan Limpahan Wisman

Dengan demikian, layanan operasional penerbangan melalui BIJB Kertajati ini diharapkan dapat terus berjalan secara optimal dalam memberikan kemudahan mobilitas untuk masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, Citilink senantiasa berkomitmen memastikan seluruh penerbangan berjalan secara optimal dengan mengedepankan aspek keamanan, keselamatan serta kenyamanan bagi seluruh pelanggan.

Adapun penerbangan Citilink yang akan beroperasi di Bandar Udara Kertajati Majalengka dengan menggunakan armada Airbus A320 di antaranya adalah sebagai berikut:

Denpasar – Kertajati dengan Nomor Penerbangan QG 822, waktu keberangkatan pukul 11.30 dan waktu kedatangan 12.20 setiap hari.

Baca juga:  Penutupan Bandara Juanda, Empat Penerbangan Dialihkan Ke Bali

Kertajati – Denpasar dengan Nomor Penerbangan QG 825 waktu keberangkatan pukul 12.50 dan waktu kedatangan 15.30 setiap hari.

Balikpapan – Kertajati dengan Nomor Penerbangan QG 433, waktu keberangkatan pukul 11.50 dan waktu kedatangan 13.00 setiap Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu.

Kertajati – Balikpapan dengan Nomor Penerbangan QG 432, waktu keberangkatan pukul 13.30 dan waktu kedatangan 16.35 setiap Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN