Ilustrasi - Suasana hotel di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (BP/Ant)

MATARAM, BALIPOST.com – Ajang MotoGP Lombok di Sirkuit Mandalika pada 13-15 Oktober 2023, mampu mendongkrak tingkat hunian hotel di Mataram hingga mencapai 90 persen.

Ketua Asosiasi Hotel Mataram (AHM) Made Adiyasa Kurniawan di Mataram, NTB, mengatakan, para penonton baik mancanegara dan Nusantara yang membeli paket MotoGP dijadwalkan tiba Jumat (13/10/2023) pagi, sehingga hunian hotel di Mataram bisa mencapai 85 hingga 90 persen.

“Kalau hari ini, pantauan kami masih hunian rata-rata masih 75-80 persen. Besok, sudah di atas itu dan tiga hari ke depan jadi ajang ‘Lebaran’ bagi pelaku pariwisata,” katanya dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (12/10).

Baca juga:  Integrasi Ekosistem UMi Kian Dekat, BRI One Culture Jadi Kunci Keberhasilan

Menurutnya, dengan hunian hotel hingga 90 persen itu dapat dikatakan hotel di Mataram penuh, sebab biasanya hotel menyisakan sekitar 10 persen untuk kamar cadangan sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Apalagi, para tamu akan menginap 2-3 hari, sehingga berbagai kemungkinan harus diantisipasi. Misalnya, terjadi kerusakan pada fasilitas kamar, seperti AC, toilet, dan lainnya. “Selain itu, juga antisipasi jika ada tamu yang datang pada hari-hari terakhir,” katanya.

Baca juga:  LPD Peduli Korban Gempa Lombok

Dikatakan, alokasi kamar hotel 10 persen tersebut merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh semua pemilik hotel untuk menjamin rasa aman dan nyaman bagi para tamu.

Di sisi lain, untuk memberikan bonus kepada para tamu MotoGP, katanya, setiap hotel memberikan merchandise khas hasil produk UMKM Kota Mataram dengan jenis berbeda secara gratis.

Ada yang memberikan selendang khas, baju kaos, aneka makanan atau cemilan ringan, atau paket makan makam gratis dengan menu khas lokal. “Semua itu, kita kolaborasi dengan puluhan UMKM di Kota Mataram, sehingga mereka juga bisa mendapatkan dampak dari MotoGP,” katanya. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Merupakan Kebutuhan Vital, TNI-Polri Bangun Ini di Jeringo
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *