Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko (tengah) memaparkan kesiapan di MotoGP Mandalika. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mendukung perhelatan MotoGP Mandalika 2023 di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang digelar pada 13-15 Oktober 2023 dengan penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi terbaik. Hal ini disampaikan Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko dalam keterangan tertulisnya.

Ia mengatakan, tim Telkom sudah melakukan gladi bersih di sirkuit Mandalika dengan menurunkan 190 personel. “Tim sudah ada di sana, sudah gladi. Sejauh ini persiapannya sudah bagus. Untuk Mandalika kita tidak boleh meremehkan meskipun kita telah siap sejak awal. Infrastruktur dan layanan kita semua disiapkan di sana termasuk cyber security dengan resiliensi yang maksimum. Jadi, semua kita sudah ceks dan persiapan sudah cukup bagus,” kata Herlan di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (11/10) sore.

Baca juga:  Mantan Ajudan Syahrul Yasin Limpo Diperiksa KPK

Ia mengutarakan saat ini layanan infrastruktur streaming yang diperkuat. Sebab, berkaca pada MotoGP Mandalika 2022 lalu, banyak penonton yang hadir di sirkuit Mandalika juga menonton lewat gadget-nya.

“Kita belajar, bahwa di event MotoGP itu perilaku customernya khas. Ternyata penonton yang di sana itu, di samping menonton di sirkuit, dia menonton di gadget-nya secara streaming. Jadi, kita siapkan bandwidth yang cukup baik dan itu BTS (Base Transceiver Station) yang mengcover seluruh event itu maupun untuk WiFi,” imbuhnya.

Baca juga:  Dukung KTT AIS Forum 2023, TelkomGroup Pastikan Keandalan Jaringan

Sementara, untuk total kapasitas layanan yang Telkom sediakan di venue mencapai 40 Gbps atau 40 Gigabit dengan full 5G dengan 41 access point (AP) Wifi dan 54 BTS. “Untuk kapasitas layanan di MotoGP disiapkan lebih dari cukup dan traffic-nya tidak akan lebih separuh kapasitas yang telah disiapkan dengan resilensi yang juga sangat aman,” ujarnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *