Hasto Kristiyanto. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – DPP PDI Perjuangan meluncurkan armada mobil bioskop keliling di acara pembukaan rapat kerja nasional, Jumat (29/9). Sebanyak tujuh unit mobil dari total 38 unit mobil, ditampilkan dalam peluncurannya di area parkir Jiexpo, Kemayoran, Jakarta.

Mobil bioskop keliling tersebut akan disebar ke seluruh Indonesia. Fungsinya menyiarkan pesan-pesan kebaikan negeri bagi rakyat Indonesia.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, menjelang penyelenggaraan Pilpres 2024, mobil bioskop keliling juga akan membawa informasi seputar PDI Perjuangan dan bakal calon presiden Ganjar Pranowo. Selain itu masyarakat juga dapat menikmati tontonan film gratis yang bernilai edukasi dan juga menghibur, seperti dokumenter riwayat Bung Karno, Megawati Soekarnoputri, klip biografi ringkas Ganjar Pranowo, film The Last Barongsai besutan Rano Karno dan banyak lagi suguhan film lain yang bakal diputar di mobil bioskop keliling.

Baca juga:  Selain Dukung Paket Giri-Asa, Golkar Bali Belum Mau Buka Rekomendasi di 5 Kabupaten/kota

Armada mobil bioskop keliling ini dilengkapi dengan layar lebar dan sound system mutakhir. Mobil bioskop ini akan bertugas masuk ke desa-desa, menemui warga di berbagai penjuru Indonesia.

DPP PDI Perjuangan menugaskan sejarawan Bonnie Triyana, yang juga caleg DPR RI dari daerah pemilihan Banten 1 (Pandeglang-Lebak) sebagai ketua armada bioskop keliling yang bertanggungjawab memproduksi serta melakukan kurasi atas kontennya.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan mobil bioskop keliling ini mulai bergerak usai penyelenggaraan rapat kerja nasional yang digelar mulai 29 September sampai dengan 1 Oktober 2023.

Baca juga:  Kasus COVID-19 Nasional Masih Tambah Belasan Ribu, Korban Jiwa Naik 4 Digit

Mobil bioskop, sambut Hasto, merupakan permintaan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Awalnya, Megawati yang rutin membaca koran setiap pagi, melihat berita tentang layar tancap.

“Ibu melihat dulu dari koran, lihat dulu dari berita apa persoalan rakyat. Tiba-tiba ibu membaca tentang layar tancap. Wah, ternyata layar tancap ini masih diterima di daerah-daerah, maka memanggil saya,” ujar Hasto.

“Dikatakan, ini kan, layar tancap, ini kan, bagus untuk sosialisasi tentang Pancasila, tentang kerakyatan, tentang pembelaan kita terhadap wong cilik, tentang stunting, ini kan bagus. Coba kamu buat,” sambungnya.

Baca juga:  Pertemuan PDIP dan Partai NasDem Bahas Persatuan Tetap Terjaga Jelang Pemilu 2024

Menurut Hasto, Megawati memang memiliki kekuatan imajinasi dan ide dalam berbagai hal. Setelah mendengarkan permintaan itu, lanjut Hasto, PDIP merancang realisasinya.

Hasto mengatakan jajaran partai lalu menghubungi perusahaan karoseri untuk membuat truk atau mobil tersebut.

Adapun Rakernas IV ini digelar selama tiga hari mulai 29 September sampai 1 Oktober 2023.

Tema Rakernas IV PDIP adalah “Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia” dengan sub tema “Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia”. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *