Kurasi produk UMKM untuk Badung UMKM Week digelar Senin (18/9). (BP/Ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pemkab Badung melalui Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (DiskopUKMP) kembali akan menggelar Badung UMKM Week. Pelaksanaan kegiatan yang akan menampilkan produk-produk dari UMKM lokal Badung ini pada 26 September – 2 Oktober 2023. Nantinya aka ada 26 UMKM yang akan mengikuti pameran tersebut di Beachwalk Mall, Kuta.

Guna mempersiapkan Badung UMKM Week 2023, Senin (18/9), telah dilaksankan kurasi kepada produk UMKM yang akan ditampilkan. Dalam kurasi ini sebanyak 59 UMKM pun telah menampilkan produk olahannya sendiri. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta, Kadiskop UKMP Badung Made Widiana dan Kabag CSR BPD Bali AA Made Agung.

Baca juga:  Diskop UKM dan Perdagangan Badung Kurasi produk UMKM

Kadiskop UKMP Badung Made Widiana mengatakan, kurasi ini dilakukan terhadap produk-produk UMKM yang akan diikutkan dalam Badung UMKM Week 2023. Sehingga nantinya saat pelaksanaan kegiatan mampu menampilkan produk UMKM terbaik yang ada di Kabupaten Badung. “Kurasi ini dalam rangka, untuk memilih produk-produk terbaik dari UMKM yang mendaftarkan diri,” ujar Widiana.

Menurutnya, kegiatan UMKM Week ini telah rutin dilaksanakan, untuk tahun ini pihakya berkolaborasi dengan BPD Bali. “Kita mengajak BPD Bali, karena kita memiliki agenda yang lengkap, dalam upaya memperkenalkan produk-prodak terbaru,” ungkapnya.

Baca juga:  Ekonomi Tumbuh Positif, Pengunjung di 4 Kebun Raya Ini Meningkat

Pihaknya pun menharapkan melalui kegiatan ini dapat meingkatkan semangat dari pelaku UMKM dalam menciptakan produk yang terbaik dalam daya saing. Selain itu para pelaku UMKM juga diharapkan dapat melengkapi legalitas yang diperlukan. Sehingga melalui hal tersebut UMKM di Badung akan semakin kuat.

“Tentunya produk makanan, kita lengkapi dengan izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) dan BPOM (badan Pengawas Obat dan Makanan). Tentunya kita juga akan terus mendampingi UMKM dalam melengkapi legalitas-legalitas yang dimaksud,” jelas mantan Camat Kuta Selatan tersebut.

Baca juga:  Harga Pakan Naik Tiap Minggu, Peternak Ayam Petelur Makin Merugi

Lebih lanjut Widiana menerangkan, dalam pelaksanaan kurasi ini nantinya akan dipilih 26 UMKM yang akan mengikuti Badung UMKM Week 2023. Untuk jenis UMKM yang akan ikut serta dalam pameran tersebut berupa produk olahan makanan dan fashion. (Adv/Balipost)

BAGIKAN