Hari libur, Bupati Gede Dana memantau sejumlah proyek infrastruktur. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kendari hari libur, Bupati Karangasem I Gede Dana Intens melakukan pemantauan pengerjaan proyek fisik infrastuktur yang saat ini tengah berjalan di Kabupaten Karangasem, Minggu (17/9). Pengecekan proyek itu dilakukan guna memastikan progres dan kualitas proyek sesuai bestek.

Didampingi Kepala Dinas PUPR Karangasem, Wedasmara dan tim teknis, Bupati Gede Dana mengungkapkan, kalau pihaknya meninjau proyek rekonstruksi peningkatan ruas jalan penghubung Abang-Kikian, Kecamatan Abang, Karangasem. Ruas jalan ini sebut Gede Dana menjadi ruas jalan yang cukup vital karena merupakan jalur alternatif tercepat warga di Kecamatan Abang menuju ke tempat mereka bekerja di Pusat Kota Amlapura. “Jalur ini setiap hari ramai dilintasi warga,” ucapnya.

Gede Dana mengatakan, rekonstruksi ruas jalan Abang-Kikian dilakukan sepanjang 2,150 Kilometer, dengan lebar aspal 3 Meter, dengan waktu pengerjaan 120 hari kalender. Rekonstruksi ruas jalan tersebut meliputi lapis permukaan (Ac-Wc) dengan bangunan pelengkap seperti pembangunan gorong-gorong, saluran, DPT/senderan, dan betonisasi bahu jalan.

Baca juga:  Pemkab Karangasem Dorong Pemuda Kembangkan Pengetahuan Dibidang Teknologi Informatika

“Kami bersama tim teknis telah melakukan pengecekkan kwalitas bahan dan pengerjaannya. Sejauh ini kwalitasnya sudah bagus dan sudah sesuai dengan perencanaan. Dan jalan tersebut sudah diperlebar. Untuk bagian yang diaspal saja itu lebarnya 3 meter belum termasuk lebar bahu jalan yang dibetonisasi. Mengingat akses jalan ini sangat penting dan ramai dilintasi kendaraan warga, jadi kwalitas pengerjaannya harus betul-betul diawasi,”katanya.

Dia menjelaskan, usai memantau proyek rekonstruksi ruas jalan Abang-Kikian, pihaknya juga melakukan pengecekan proses pembangunan wantilan di Kantor Camat Abang yang saat ini tengah berlangsung. Dalam peninjauan tersebut, pihaknya memantau secara detail mengecek spesifikasi dan perencanaan dalam buku kontrak, termasuk progres pembangunan yang tengah berlangsung tersebut.

Baca juga:  Sampai Besok, BMKG Ingatkan Potensi Angin Kencang di Bali

“Untuk rekonstruksi Wantilan di Kantor Camat Abang, kami lihat tadi gambarnya sudah bagus, perencanaannya juga bagus. Tapi, karena wantilan di Karangasem sering digunakan untuk masyarakat degan kapasitas banyak, sehingga kami berharap kapasitas tampung wantilan ini bisa ditingkatkan. Bisa di CCO mungkin perencanaannya, sehingga nantinya bisa digunakan dengan kapasitas orang yang banyak,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, menindaklanjuti aspirasi dari masyarakat, dirinya juga memantau kondisi ruas jalan yang menghubungkan Dusun Teki dengan Panglega, di Dusun Wates, Desa Datah, Kecamatan Abang, yang terputus akibat terjangan banjir bandang pada Kamis 6 April 2023 lalu. Dari hasil pengecekkan bersama tim teknis, Bupati Gede Dana mengusulkan untuk dilakukannya peningkatan ruas jalan sehingga nantinya ruas jalan penghubung dua dusun di Desa Datah tersebut bisa diperlebar dengan badan jalan hotmix.

Baca juga:  Ratusan Pendaftar CPNS di Karangasem Gugur Seleksi Administrasi

“Kondisi jalan memang sudah ada rabat beton, tapi kondisinya sudah mengalami kerusakan, dan ada badan jalan yang putus. Akses jalan tersebut sangat vital karena menjadi akses ekonomi dan pendidikan warga. Kami akan usahakan perbaikannya bisa segera dilakukan,” tandanya Gede Dana. (ADV PEMKAB KARANGASEM).

Proyek—-Bupati Karangasem I Gede Dana Intens melakukan pemantauan pengerjaan proyek fisik infrastuktur yang saat ini tengah berjalan di Kabupaten Karangasem, Minggu (17/9).

BAGIKAN