Ilustrasi Kereta Cepat relasi Jakarta-Bandung. (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Hampir semua tiket uji coba gratis kereta cepat (KA) cepat relasi Jakarta-Bandung telah dipesan masyarakat. Jadwal keberangkatan 18-24 September 2023.

“Saat ini, tiket yang dipesan telah mencapai 98 persen untuk jadwal keberangkatan 18-24 September 2023. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket, pendaftaran selanjutnya akan dibuka 24 September untuk jadwal perjalanan uji coba 25-30 September 2023,” kata Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa melalui keterangan yang diterima di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (17/9).

Uji coba KA cepat tidak berbayar bersama penumpang tersebut akan dilakukan hingga 30 September 2023 dengan kuota terbatas, yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan KA cepat.

Baca juga:  Tiket KA Lebaran Tersisa 10 Persen

Selama masa uji coba terbatas KA cepat dengan penumpang berlangsung, setiap harinya KCIC menyediakan empat jadwal perjalanan pulang pergi (PP) sehingga total terdapat delapan perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya selama masa uji coba tersebut.

Dari empat jadwal tersebut, dua di antaranya merupakan keberangkatan Stasiun Halim, Jakarta Timur dan dua lainnya keberangkatan Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung dengan waktu keberangkatan, yakni relasi Stasiun Halim-Tegalluar PP pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB dan relasi Stasiun Tegalluar-Halim PP pukul 09.00 WIB dan 14.00 WIB.

“Bagi masyarakat yang sudah mendaftar agar perhatikan kembali jadwal perjalanan yang sudah pilih serta datang selambatnya 1 jam sebelum jadwal keberangkatan serta persiapkan dengan baik identitas dan bukti pemesanan untuk memperlancar proses verifikasi di stasiun,” lanjut Eva.

Baca juga:  Pemerintah Pegang Teguh Amanat TAP MPRS tentang Larangan PKI

KCIC pun, kata dia, mengucapkan terima kasih atas atensi dari masyarakat yang sangat besar terhadap layanan KA cepat tersebut.

KCIC juga memastikan akan memberikan pelayanan sebaik mungkin terhadap masyarakat yang ingin menjadi bagian dari sejarah kehadiran KA cepat pertama di Indonesia tersebut.

“Melalui tingginya antusias masyarakat, KCIC melihat bahwa kehadiran KA cepat sudah sangat dinantikan sehingga masyarakat berbondong-bondong ingin mencoba layanan ini. KCIC memohon maaf jika belum dapat mengakomodir antusiasme seluruh masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan uji coba publik KA cepat,” ujar Eva.

Adapun, pendaftaran uji coba gratis KA cepat itu dibuka secara bertahap dengan ketentuan, yaitu pendaftaran tahap I dibuka 17 September 2023 untuk jadwal keberangkatan 18-24 September 2023; pendaftaran tahap II dibuka pada 24 September untuk keberangkatan 25-30 September 2023; setelah mendaftar, calon penumpang akan mendapatkan email sebagai bukti pendaftaran; satu pendaftar dapat memesan untuk maksimal dua penumpang.

Baca juga:  Harga Tiket Wisdom di Candi Borobudur Rp 750 Ribu, Berlaku Jika Ingin Lakukan Ini

Kemudian, satu NIK hanya dapat melakukan pemesanan satu kali selama masa uji coba; pemesan wajib mengisi data diri dan memilih jadwal keberangkatan serta menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku; perjalanan berlaku pulang pergi dan wajib mengikuti sesuai jadwal KA serta pada hari H perjalanan, calon penumpang wajib melakukan verifikasi kepada petugas KCIC dengan menunjukkan bukti pendaftaran dan kartu identitas. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN