Kebakaran- Sepanjang bulan Agustus telah terjadi 12 kasus kebakaran lahan kering di Kubu, Karangasem. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Selama bulan Agustus 2023, tercatat telah terjadi belasan kasus kebakaran lahan kering di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Hal itu diungkapkan oleh Kadis Damkar Karangasem I Made Agus Budiyasa, Senin (3/9).

Agus Budiyasa mengatakan, sejak bulan Agustus telah terjadi sebanyak 12 kasus kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Kecamatan Kubu. “Kasus kebakaran lahan terbaru terjadi di hari ini Banjar Dinas Peselatan, Kecamatan Abang. Luas lahan yang terbakar sekitar tiga hektar,” ucapnya.

Baca juga:  Galian C Ilegal Digerebek di Kubu

Menurut Agus Budiyasa, kalau untuk menangani kasus kebakaran lahan ini pihaknya telah menyiapkan personil untuk melakukan penanganan tersebut. “Bahkan kita menyiapkan personil sampai sore untuk berjaga, setalah itu tim baru balik kanan,” katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya tidak berani memastikan apakah kasus kebakaran lahan yang terjadi sengaja dibakar atau tidak. Yang jelas, setiap ada laporan kebakaran lahan pihaknya langsung menerjunkan personil ke lokasi kejadian. “Kalau masalah penyebab kebakaran kami belum tahu pasti, apakah ada indikasi sengaja dibakar atau tidak. Yang jelas, bila ada laporan kita langsung turun,” tendasnya.

Baca juga:  Penyebrangan Gilimanuk – Ketapang Berlakukan Tiket Non-tunai Untuk Motor

Lebih lanjut mengatakan, pihaknya menghimbau kepada masyarakat supaya selalu berhati-hati bila melakukan pembakaran. Karena api kecil ketika ditiup angin kencang, maka api akan meluas. “Intinya jangan main-main dengan api,” harapnya. (Eka Prananda/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *