Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono bersama anggotanya membersihkan sampah di Jalan Terminal Mengwi. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Menghadapi cuaca ekstrem dan mencegah banjir, Polres Badung dan Polres Kawasan Bandara Ngurah Rai, Kamis (13/7) menggelar bakti sosial khususnya membersihkan sampah di tempat berbeda. Polres Badung membersihkan sampah di Jalan Raya Terminal Mengwi Mengwi, sedangkan Polres Kawasan Bandara di Pantai Sekeh Kuta.

Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono, didampingi Wakapolres Kompol Putu Diah Kurniawandari menjelaskan, ada beberapa titik rawan banjir dan tanah longsor seperti di Sobangan. “Beberapa hari yang lalu sudah kami bersihkan baik got yang mampet maupun tanahnya yang menutupi setengah badan jalan. Hari ini, kami bersama masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Badung serta anak-anak sekolah membersihkan sampah,” ujarnya.

Baca juga:  Vila Dibobol Maling, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

AKBP Teguh bersama anggotanya dan pihak terkait mengangkut tumpukan sampah yang menutupi saluran got. Ranting pohon dan sampah plastik tersebutlah yang membuat drainase tersumbat hingga air meluber ke jalan.

“Ini juga tugas kami sebagai pelindung dan pengayom masyarakat. Harus bekerja lebih ekstra serta cepat tanggap agar kendaraan yang melintas aman dan lancar. Begitu pula lingkungan akan kelihatan lebih asri dan bersih, sehingga wisatawan yang berlibur di Bali lebih nyaman,” ungkapnya.

Seorang warga, Made Sugi berharap setelah sampah tersebut dibersihkan tidak ada air yang meluber ke jalan. Karena jika air meluber ke jalan apalagi sampai banjir akan membuat arus lalu lintas macet.

Baca juga:  Dibantah, Pengoplos Elpiji Anggota Mabes Polri

Di tempat terpisah, puluhan personel Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai bersama Lanud I Gusti Ngurah Rai serta masyarakat melaksanakan bersih-bersih di sepanjang Pantai Sekeh, Kuta. Kegiatan tersebut juga melibatkan masyarakat dan kelompok nelayan.

Tujuannya untuk menciptakan pantai yang bersih dan nyaman bagi pengunjung baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Apalagi sering turun hujan disertai angin kencang yang mengakibatkan sampah mengotori bibir pantai. “Kita bersama-sama komponen masyarakat hari ini melaksanakan kegiatan pembersihan sampah di sepanjang Pantai Sekeh ini. Mari kita ciptakan lingkungan di sepanjang pantai ini dalam keadaan bersih dan bebas dari sampah sehingga nyaman untuk dikunjungi oleh masyarakat maupun para wisatawan,” kata Kapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, AKBP Ida Ayu Wikarniti, S.E.

Baca juga:  Tiga Lumba-lumba Hidung Botol Dilepasliarkan di Perairan TNBB

Ketua Kelompok Nelayan Pantai Sekeh I Wayan Pagi mengapresiasinya kegiatan tersebut. Menurutnya kebersihan pantai merupakan tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu ia mengajak menjaga pantai tetap bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pasalnya pantai tersebut merupakan salah satu destinasi pariwisata Bali. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *