Pameran karikatur digelar pada PKB ke-45 di Art Center, Denpasar. (BP/apsari)

DENPASAR, BALIPOST.com – Seperti tahun sebelumnya, Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-45 juga diramaikan dengan pameran karikatur dari Bali Cartoons Association (Balica). Berlokasi di utara Wantilan Art Center, Denpasar, pameran kali ini menampilkan karya dari 10 kartunis Bali.

Tidak hanya itu, di pameran yang berlangsung selama sebulan sesuai dengan jangka waktu digelarnya PKB, para kartunis juga menawarkan sketsa wajah bagi pengunjung. Untuk memperoleh sketsa wajah ini, harga yang ditawarkan relatif terjangkau, Rp50.000.

Baca juga:  Astra Motor Bali Umumkan Pemenang “Sareng Honda Bali Video Competition”

Salah satu kartunis, I Wayan Tama, Minggu (2/7), mengatakan Balica terbentuk pada 2019. Lewat seni karikatur ini, para seniman berupaya menghibur masyarakat karena dalam karikatur juga terdapat pesan humor.

Tama mengatakan selama pameran, terdapat 6 seniman yang standby untuk melakukan live sketch. “Kalau untuk pameran, sket wajah dkenakan biaya 50 ribu rupiah. Kalau di luar pameran, biayanya antara 100 ribu sampai 300 ribu rupiah,” ujarnya.

Baca juga:  Lomba Karikatur, Gali Potensi Generasi Muda Bali

Selama mengerjakan sketsa wajah ini, Tama mengaku tak pernah kesulitan.  “Saya sendiri lebih suka live sketch dari pada dari foto. Kalau foto, angel modelnya tidak bisa diatur, sedangkan jika live sketch bisa diatur posisinya dan juga ekspresinya. Agar gambar kartun yang dihasilkan lebih ada jiwanya,” ungkapnya.

Dalam melukis secara langsung ini, biasanya waktu yang diperlukan antara 10 hingga 15 menit. “Untuk pendapatan, ya lumayan lah per harinya,” jelasnya. (Apsari/balipost)

Baca juga:  Sambut Tahun Baru, Sejumlah Jalan di Kuta Ditutup
BAGIKAN