Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri) didampingi pesepak bola Dimas Drajad (kanan) menjawab pertanyaan wartawan saat konferensi pers jelang pertandingan Indonesia lawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (18/6/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST. com – Empat pelaku pemalsuan tiket pertandingan sepakbola antara tim nasional Indonesia melawan Argentina, ditangkap kepolisian pada Senin pukul 19.30 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Senin.

“Semalam kita tangkap empat pelaku berinisial WH (26) yang menjadi otak dalam kasus ini, H (20), AS (21) dan IA (25),” kata Kapolsek Metro Tanah Abang Kompol Patar Mula Bona dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Senin (19/6).

Bona menjelaskan, modus yang dilakukan pelaku, yakni mereka membeli terlebih dahulu 11 tiket asli dan kemudian dipalsukan dengan cara dilakukan pemindaian (scan) terhadap tiket-tiket tersebut.

Baca juga:  Vaksin Dosis Ketiga Potensi Untuk Keluar Dari Krisis Pandemi

Kemudian setelah dilakukan pemindaian lalu para pelaku mencetak tiket tersebut seolah-olah mirip dengan aslinya. “Terbongkar nya kasus tiket ini berawal adanya laporan korban yang ditipu saat menukarkan tiket ternyata tiket yang sudah dibeli itu telah terpakai,” kata Bona.

Bona menambahkan, untuk empat pelaku ini masih dalam proses pemeriksaan insentif oleh Polsek Metro Tanah Abang.

Kepala Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Tanah Abang, Kompol Kukuh Islami menjelaskan, keempat pelaku tersebut ditangkap di area GBK Senayan, Jakarta, pada Minggu (18/6) malam. “Kita amankan satu buah laptop, ponsel, tiket yang dipalsukan dan sejumlah uang hasil kejahatan pelaku,” saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Baca juga:  Pernik Sepakbola Hiasi TPS di Baler Bale Agung

Tim nasional Indonesia dijadwalkan menjamu Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Senin malam ini.

Sebanyak 60.000 lembar tiket pertandingan telah terjual habis dengan rincian harga Rp 600.000 untuk Kategori 3, Rp1,2 juta (Kategori 2), Rp 2,5 juta (Kategori 1) dan Rp 4,25 juta (VIP Barat dan Timur).

Pemilik tiket elektronik (e-ticket) tersebut telah mulai menukarkannya dengan tiket fisik pada 16-19 Juni 2023. Seluruh penukaran hanya berlangsung di Wisma Serba Guna GBK pukul 10.00 WIB-17.00 WIB dan dibagi menjadi tiga tahap.

Baca juga:  Tren Penggunaan Biodiesel Meningkat, Penjualan Melesat Tajam

Mulai 16 Juni penukaran dikhususkan untuk pemilik tiket Kategori III. Kemudian pada 17-18 Juni untuk semua kategori khusus penonton Jabodetabek. Terakhir pada 19 Juni 2023 khusus penonton dari luar Jabodetabek. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *