Wabup Ketut Suiasa melepas peserta Penas KTNA dari Kabupaten Badung yang menjadi Duta Penas KTNA XVI Tahun 2023. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Wakil Bupati (Wabup) Badung, I Ketut Suiasa yang mewakili Bupati Badung, melepas dan memberangkatkan 45 orang terdiri dari pendamping dan peserta Pekan Nasional (Penas) yang mewakili Provinsi Bali, untuk mengikuti Penas Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI Tahun 2023 yang akan diselenggarakan 10-15 Juni 2023 di kawasan Lanud Sutan Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat. Acara pelepasan dilaksanakan di ruang rapat rumah jabatan wakil bupati, Selasa (6/6). Turut hadir, perwakilan dari instansi terkait di Pemkab Badung, perwakilan camat se-Kabupaten Badung, Ketua KTNA Kabupaten Badung, I Ketut Rasna beserta peserta dan pendamping KTNA.

Penas Petani Nelayan Indonesia merupakan ajang berkumpul dan bersilaturahmi bagi para kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling memperlihatkan pencapaiannya selaku pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan. Kegiatan ini digagas oleh para tokoh tani, nelayan sejak 1971 dan menjadi wadah pertemuan kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling mengisi dan memperkuat kepemimpinan agribisnis di tingkat petani, nelayan dan petani hutan.

Baca juga:  Pascadisegel Bupati, Begini Kondisi Teges Nunggal

Wabup Suiasa menyampaikan rasa syukur dan bahagia karena kegiatan tersebut secara nasional bisa dilaksanakan. Ini menjadi bagian penting dalam aspek menunjang pembangunan nasional dan Kabupaten Badung bersyukur bisa menjadi duta mewakili Provinsi Bali di ajang tersebut. “Ini adalah suatu kesempatan untuk menyerap komparasi-komparasi, program-program unggul dari daerah lain dengan menampilkan potensi-potensi terbaik yang memiliki karakteristik dan khas tersendiri dari masing-masing daerah serta menjadi suatu keuntungan untuk mencari perbandingan-perbandingan,” ujar Wabup Suiasa.

Baca juga:  Badung Waspadai Penyebaran PMK, Pengawasan Pasar Beringkit Diperketat

Ia mengingatkan peserta untuk jangan segan meniru hal-hal yang bersifat baik, hal-hal yang bermanfaat yang bisa diterapkan dan sesuai untuk Kabupaten Badung. Sebab, itulah tujuan mengikuti kegiatan ini dalam mencari hikmah dan manfaat yang bermakna untuk bisa diserap dan dilaksanakan di Kabupaten Badung.

Sebelum melepas peserta Penas, Wabup Suiasa juga berpesan agar peserta dan pendamping untuk mencapai manfaat-manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan tersebut. “Manfaat yang bisa dipetik pada kesempatan kegiatan tersebut hasilnya nanti akan di ramu sedemikian rupa untuk kita di Kabupaten Badung sehingga kita memiliki blueprint kegiatan di sektor pertanian dan nelayan yang nantinya bisa kita rumuskan menjadi suatu kebijakan-kebijakan strategis termasuk kebijakan politik anggaran di Kabupaten Badung,” katanya.

Baca juga:  Dana Bergulir Puskop Jagadhita Disorot, Diskop Badung Diminta Selesaikan Dana Rp 700 Juta

Sebagai leading sector, Kepala Badan Sumber Daya Alam Kabupaten Badung yang sekaligus Ketua Panitia KTNA, I Made Adi Adnyana melaporkan bahwa pelaksanaan Penas XVI tahun 2023 di Kota Padang, Sumbar terbagi menjadi 7 bidang kegiatan. Disamping mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut, peserta Penas KTNA Kabupaten Badung ditugaskan khusus untuk mewakili KTNA Bali dalam Lomba Gita Nusantara. Peserta Penas KTNA Kabupaten Badung berjumlah sebanyak 45 orang peserta yang terdiri dari 29 orang dari anggota KTNA seluruh Kabupaten Badung dan 16 orang pendamping dari instansi terkait. (Adv/balipost)

BAGIKAN