Tersangka Sunarto menunjukkan cara mengoplos isi tabung 3 kilogram ke 12 kilogram. (BP/ken)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Mobil pick-up mengangkut tabung LPG dicegat Tim Unit IV Satreskrim Polres Badung di depan minimarket, Jalan Raya Kapal-Lukluk, Mengwi, Rabu (17/5). Polisi mengamankan Sunarto (47) karena terlibat kasus pengoplosan isi tabung LPG.

Sedangkan tempat ngoplosnya di tempat tinggal pelaku, wilayah Desa Apuan, Baturiti, Tabanan. “Tersangka mengoplos isi tabung 3 kilogram ke 12 kilogram. Kita ketahui bersama tabung 3 kilogram adalah subsidi,” kata Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono, Kamis (25/5).

Baca juga:  Pemuda Tamatan SMA Diringkus, 1 Kilogram Shabu Diamankan

Kronologisnya, lanjut Kapolres Teguh, berawal dari informasi masyarakat ada yang menjual LPG ukuran 12 kilogram dengan harga jauh dibawah harga standar (HET). Berdasarkan informasi itu, pada Rabu (17/5) pukul 14.00 WITA, Kanit IV Satreskrim Ipda Kadek Kusmala Giri bersama anggotanya membuntuti mobil pick up mengangkut tabung gas 12 kilogram dan 3 kilogram.

Mobil tersebut langsung dihentikan di TKP dan dilakukan pemeriksaan. Ternyata pelaku tidak bisa menunjukkan nota pembelian resmi dari SPBE.

Baca juga:  Rumah Dibobol Maling, Uang Jutaan Rupiah Digondol

Pelaku mengaku tabung gas 12 kilogram yang diangkutnya itu hasil oplosan. “Anggota kami melakukan pengembangan ke rumah tersangka,” ungkap Teguh.

Hasil penggeledahan di rumah pelaku, petugas menemukan barang bukti yaitu 13 bungkus tutup tabung LPG 12 kilogram, alat congkel karet, satu bungkus karet tabung LPG, pisau, 24 buah stik besi dipakai memindahkan isi LPG, 108 tabung LPG 3 kilogram, 35 buah tabung LPG 12 kilogram dan mobil.

Baca juga:  Gudang Pengoplos Elpiji di Darmasaba Digerebek, Ratusan Tabung Disita

“Pelaku mengaku melakukan aksi tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Sehari pelaku mengoplos 24 tabung 12 kilogram. Tiap tabung itu pelaku mendapat untung Rp 39 ribu dan total keuntungannya Rp 936 ribu,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *