Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bukan rahasia lagi jika rutinitas malam dapat meningkatkan kualitas tidur. Tetapi tidak hanya itu saja, rutinitas malam juga dapat menjaga saluran pencernaan agar tetap tenang selama tidur.

Menjaga kesehatan pencernaan adalah kunci agar tubuh tetap sehat. Penting sekali untuk melakukan beberapa rutinitas sebelum tidur agar pencernaan tetap sehat dan keesokan pagi bisa buang air besar dengan normal.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut rutinitas yang dilakukan sebelum tidur agar pencernaan tetap sehat :

1. Minum air putih

Cukup minum air putih di malam hari ternyata berpengaruh baik terhadap pencernaan. Karena air merupakan komponen penting dalam tubuh untuk memfasilitasi berbagai proses fisiologis.

Di dalam saluran penceranaan, air berfungsi untuk mencegah konstipasi, mengurangi peradangan dan membantu detoksifikasi racun. Maka dari itu sebelum tidur kosumsi 1 sampai 1,5 liter air sebelum tidur, agar tubuh tetap terhidrasi sebelum tidur.

Baca juga:  Seharian di Depan Komputer, Inilah Tips Sehat Buat Mata Anda

2. Batasi screen time

Menatap layar HP, komputer atau laptop memang sangat berdampak buruk pada kesehatan. Tetapi hal tersebut tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan mata juga sangat berdampak buruk pada saluran pencernaan.

Kekurangan tidur sangat berhubungan erat dengan komposisi mikrobiota di usus yang berdampak pada sistem kekebalan tubuh. Jadi para ahli menyarankan untuk menghentikan screen time setidaknya 1 jam sebelum terlelap.

3. Makan malam dengan makanan yang menyehatkan

Pola makan berperan penting bagi kesehatan saluran penceranaan. Maka dari itu di malam hari disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang ramah saluran pencernaan dan makanan yang mengandung serat tinggi.

Baca juga:  Sejumlah Siswa Positif COVID-19, SMAN 1 Mendoyo Kembali Belajar Daring

Makanan tersebut meliputi tempe, youhurt, keju fermentasi, kimci dan nato. Makanan tinggi serta seperti sayuran, buah-buahan, dan bawang-bawangan.

4. Olahraga ringan di sore hari

Olahraga ternyata bisa membantu memperbaiki dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Aktivitas olahraga yang bisa dilakukan bukanlah lari berkilo kilo meter, tetapi aktivitas olahraga ringan seperti yoga, jalan cepat, dan peregangan sore.

5. Jangan nyemil di malam hari

Malam hari sebelum tidur memang merupakan godaan terbesar untuk nyemil. Namun jika ingin saluran pencernaan tetap sehat maka sebisa mungkin kurangi konsumsi camilan di waktu tidur atau di tengah malam karena bisa mengganggu komposisi mikribiota usus. Jika lapar dimalam hari cobalah untuk mengkonsumsi air dan buah-buahan.

Baca juga:  "Parenting" Efektif Mampu Bangun Karakter Anak, Tujuh Langkah Ini Bisa Dipratikkan

6. Tidur lebih awal agar bisa bangun lebih awal

Tidur lebih cepat di malam hari sangat baik untuk tubuh, agar tubuh beristirahat dengan optimal dan bisa bangun lebih awal, Bangun lebih awal di pagi hari bisa membantu agar memiliki waktu yang lebih banyak. Hal ini bisa membantu dalam menjalankan aktivitas di pagi harinya supaya tidak terburu-buru.

Menjaga kesehatan saluran pencernaan juga sangat berhubungan erat dengan menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu marilah lakukan kebiasaan-kebiasaan baik agar tubuh tetap sehat dan bugar. (Apsari/balipost)

BAGIKAN