Puluhan ribu masyarakat Buleleng antusias berbaur bersama Gubernur Bali, Wayan Koster mengikuti jalan santai sepanjang 2 km dalam acara Pre-Event Creative Fun Walk Bali Digital Festival 2023 di Taman Kota Singaraja, Buleleng, Minggu (21/5). (BP/Ist)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Puluhan ribu masyarakat Buleleng antusias berbaur bersama Gubernur Bali, Wayan Koster mengikuti jalan santai sepanjang 2 km dalam acara Pre-Event Creative Fun Walk Bali Digital Festival 2023 di Taman Kota Singaraja, Buleleng, Minggu (21/5).

Acara Pre-Event Creative Fun Walk Bali Digital Festival 2023 berlangsung dengan semarak. Bahkan masyarakat Buleleng yang berasal dari para milenial ini memberikan salam metal dihadapan Gubernur Koster yang sekaligus menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, setelah Murdaning Jagat Bali asal Desa Sembiran, Buleleng bersama Pj. Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana dan Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna melepas peserta jalan santai yang turut juga dihadiri oleh Anggota DPRD Buleleng, Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Paramita Lihadnyana, Kepala Diskominfo dan Statistik Provinsi Bali, Gde Pramana, Dirut Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja, Perwakilan dari Bank Indonesia, hingga Forkopimda Kabupaten Buleleng.

Gubernur Koster menyampaikan acara Creative Fun Walk Bali Digital Festival 2023 ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Bali melalui kegiatan Bali Digital Festival II Tahun 2023 sebagai upaya untuk memperingati perayaan Rahina Tumpek Landep. “Adik – adik semua, kita perlu mengetahui bahwa Bali memiliki kearifan lokal Tumpek Landep yang kita rayakan salah satunya untuk memaknai ketajaman pikiran dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta karya – karya kreatif lainnya. Itulah sebabnya saya sebagai Gubernur Bali, salah satu program yang menjadi prioritas adalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis teknologi digital untuk mengikuti perkembangan zaman yang begitu cepat berlangsung mempengaruhi kehidupan Kita di berbagai aspek,” ujar Gubernur Bali jebolan ITB ini.

Baca juga:  Tingkatkan Kualitas dan Berkelanjutan, Pariwisata Budaya Dideklarasikan

Puluhan ribu generasi milenial dan krama Buleleng dalam kesempatan itu memberikan apresiasi terhadap kepemimpinan Gubernur Koster bersama Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati di dalam melestarikan dan memajukan adat istiadat, tradisi, seni budaya, dan kearifan lokal Bali, menjaga alam serta membangun infrastruktur maupun sarana dan prasarana strategis untuk menyeimbangkan pembangunan di Bali. Baik Bali Utara, Bali Selatan, Bali Timur, Bali Barat dan Bali Tengah sesuai visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Khusus untuk Kabupaten Buleleng telah dibangun Jalan Shorcut Singaraja – Mengwi yang sudah sampai di titik 8 dan tahun ini akan kembali berlangsung pembangunannya sampai tahun depan untuk mencapai titik 9 dan 10. Kemudian tahun 2025 program infrastruktur ini berlanjut ke titik 11, 12 dan sampai ke wilayah Bangkiang Sidem.
“Kalau ini sudah selesai, maka jalan dari Denpasar ke Singaraja atau sebaliknya akan jauh lebih cepat dan kita akan melewati jalur yang indah, aman, dan nyaman,” kata orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Bali ini.

Baca juga:  Dana Tali Kasih Atlet PON Bali Cair, Ini Jumlahnya

Pembangunan di Kabupaten Buleleng yang juga sedang berlangsung ialah Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali di Kecamatan Sukasada. Turyapada Tower ini dibangun lebih tinggi dari Menara Eiffel di Paris, Francis dengan memiliki multifungsi, tidak saja untuk fasilitas infrastruktur sebagai menara pemancar siaran TV digital, telekomunikasi seluler, dan internet, namun juga sebagai destinasi wisata baru terkenal di dunia yang memberikan dampak penghasilan untuk Pemerintah Provinsi Bali dan Kabupaten Buleleng sebagai wujud untuk menyeimbangkan pembangunan antara Bali Utara dengan Bali Selatan, sehingga Buleleng akan maju dan seimbang dengan Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Bali.

Pj Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Koster yang telah memprogramkan acara Pre-Event Creative Fun Walk Bali Digital Festival 2023 di Taman Kota Singaraja. Semoga program ini senantiasa terus berlanjut, sehingga Bali pada umumnya dan Buleleng pada khususnya semakin maju.

Baca juga:  Raih Nilai Tertinggi Kedua di Bali, Begini Perasaan Remaja Ini

Acara Pre-Event Creative Fun Walk Bali Digital Festival 2023 yang merupakan implementasi dari program prioritas Pemerintah Provinsi Bali yang dipimpin oleh Gubernur Koster yang salah satunya mengenai program digital dan Bali Smart Island sangat sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Buleleng.

“Kami telah menjalankannya dengan melakukan transaksi elektronik keuangan berbasis digital, sehingga Buleleng mendapatkan peringkat pertama kategori Jawa – Bali. Kami juga melayani KTP digital untuk akte perkawinan digital, pajak digital, serta memberikan wadah kepada generasi muda Buleleng melalui kegiatan E-Sports. Dalam rangka menyambut pembangunan Bapak Gubernur Bali, Wayan Koster berupa Turyapada Tower KBS 6.0 Kerthi Bali di Kabupaten Buleleng, maka Kami di Pemerintah Kabupaten Buleleng tahun ini membangun Taman Pendidikan Digital untuk para siswa, agar Buleleng maju dibidang teknologi digital,” pungkasnya.

Dalam acara Creative Fun Walk Bali Digital Festival 2023, Gubernur Koster berkesempatan memberikan hadiah apresiasi kepada peserta jalan santai yang menggunakan busana kreatif berkonsep budaya Bali, serta hadiah kepada peserta modern dance, hingga doorprize kepada peserta jalan santai berupa sepeda, TV, kulkas, dan kipas angin. (Kmb/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *