Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.comb- Air putih sebagai pelepas dahaga serta mencegah dehidrasi bisa dimanfaatkan untuk sarana diet mu. Sebab meskipun terlihat sepele, kebiasaan mengonsumsi air putih sangat banyak khasiatnya.

Kita bisa terhindar dari dehidrasi, membantu produksi air liur, mengatur suhu tubuh kita, melancarkan pencernaan saat buang air besar, membantu penyerapan nutrisi serta meningkatkan sirkulasi oksigen darah di dalam tubuh. Selain memang disarankan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas alias 2 liter dalam sehari, air putih bisa dijadikan sarana untuk menjalankan diet.

Berikut tujuh cara yang bisa dilakukan dalam menjalani diet air putih ini, dilansir dari berbagai sumber :

1. Awali pagi hari dengan minum air putih

Saat bangun di pagi hari, sebelumnya selama 8 jam tentu tubuh Anda dalam keadaan kosng karena tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman , pastikan untuk selalu minum air putih untuk menambah cairan yang hilang dan juga untuk memperlancar metabolisme tubuh.

Baca juga:  Ini, Tips Tetap Terjaga bagi Pekerja Shift Malam

2. Minum sebelum makan

Hal ini bertujuan saat kita makan nanti tidak mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar, karena minum air putih membuat kita sedikit keinginan untuk makan.

3. Kurangi porsi makan

Dikutip dari situs Realfood, saat menjalani diet air putih, kamu bisa memulainya dengan mengurangi porsi makan dan mengurangi camilan selama beberapa hari. Pastikan makanan yang dikonsumsi kaya akan nutrisi seperti serat, karbohidrat, dan lemak sehat.

Atau kamu juga bisa membuat jus atau smoothie di fase awal menjalani diet minum air putih agar tubuhmu tidak kaget.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Pastikan mengonsumsi air putih yang kemudian dibarengi dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran karena kaya nutrisi serta serat sehingga membantu metabolisme dan juga membuatmu kenyang lebih lama.

5. Minum air putih ketika merasa lapar

Cara diet air putih yang tak kalah penting adalah dengan memperbanyak minum saat sedang merasa lapar. Pasalnya Ketika anda dalam kondisi lapar apalagi sangat lapar maka Anda akan cenderung makan berlebihan dan memilih porsi besar saat dalam kondisi lapar. Dengan meminum air putih dikala saat lapar ini, dapat membantu menekan keinginan untuk makan yang berlebihan.

Baca juga:  Wanita Asal Banyuwangi Dibui Sembilan Tahun dan Didenda Rp 1 Miliar

6. Hindari minuman kemasan saat haus

Dikutip dari Alodokter, saat merasa haus, kamu sebaiknya memilih minum air putih ketimbang minuman berwarna atau minuman kemasan yang mengandung banyak gula dan perasa tambahan. Pasalnya, minuman kemasan mengandung kalori yang cukup tinggi.

Asupan kalori tambahan ini bisa membuat berat badanmu betambah, terlebih jika kamu tidak mengimbanginya dengan aktivitas fisik atau olahraga.
Untuk mendapatkan berat badan ideal, terapkanlah cara minum air putih yang terlah disebutkan di atas.

Jika kamu merasa bosan dengan air putih yang tawar, cobalah membuat infused water dengan cara menambahkan irisan buah-buahan, seperti lemon, mentimun, nenas, atau stroberi, ke dalam air putih yang dikonsumsi. Irisan buah ini dapat memberikan cita rasa dan aroma yang menyegarkan pada air putih.

Baca juga:  6 Alasan yang Buat Anda Menyesal Tak Berinvestasi Sedari Dini

7. Olahraga secara teratur

Menurut laman www.sehataqua.com, dalam membantu efektivitas program penurunan berat badan, kamu bisa juga menambahkan jadwal olahraga secara teratur. Sediakan waktu setidaknya 20-30 menit per hari atau paling tidak 2-3 kali seminggu.

Dengan melakukan olahraga ini, tubuh tentu akan merasa lelah dan mengeluarkan banyak keringat sebagai proses pembakaran kalori. Nah, agar metabolisme tubuh tetap terjaga dan terhindar dari risiko dehidrasi, usahakan untuk tetap minum air putih setelah olahraga.

Umtuk dapat bisa berhasil dalam menjalankan diet dengan air putih yang sehat tidak hanya mengatur pola makan dan olahraga saja tetapi disarankan cukup mengonsumsi air putih. (Wulan/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *