Parade budaya menyertai pendaftaran bacaleg PDI-P ke KPU Denpasar, Kamis (11/5). (BP/ara)

 

DDENPASAR, BALIPOST.com – Masa pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) telah dimulai sejak 1 Mei hingga 14 Mei 2023 mendatang. Memasuki hari kesebelas pendaftaran, sudah ada dua parpol yang mendaftar, yakni PKS pada Rabu (10/5) disusul Kamis (11/5) PDI-P ke KPU Denpasar. Dijadwalkan, Partai Nasdem juga akan mendaftar pada hari ini.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Denpasar, I Wayan Arsa Jaya yang ditemui usai menerima pendaftaran bacaleg PDI-P. Pihaknya mengatakan, sesuai dengan PKPU No 10 tahun 2023 tentang Pendaftaran Bacaleg, ditentukan hingga 14 Mei 2023 mendatang. Selain menyerahkan berkas secara langsung, sejatinya parpol sudah melakukan pendaftaran secara online pada aplikasi Silon KPU.

Baca juga:  Viral Perempuan Tiba-tiba Tergeletak di Pinggir Jalan Kebo Iwa Selatan, Kepolisian Sebut Karena Ini

Sementara itu, suasana pendaftaran bacaleg dari PDI-P diwarnai dengan parade budaya. Ribuan simpatisan partai berlambang kepala banteng mulut putiih dalam lingkaran ini mengiringi penyerahan berkas bacaleg ke KPU. Jajaran pengurus DPC PDI-P Denpasar, di antaranya Ketua IGN Gede, Sekretaris DPC Kadek Agus Arya Wibawa, serta LO Wayan Sutama bersama para pengurus PAC diterima Ketua dan Komisioner KPU Denpasar.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede mengatakan pihaknya menyerahkan bacaleg sebanyak 45 orang atau 100 persen dari kuota. Selain itu, pihaknya juga telah memenuhi 30 persen kuota perempuan.

Baca juga:  5 Parpol Setor Berkas Bacaleg ke KPU Denpasar

Pihaknya menargetkan merebut sebanyak 26 kursi DPRD Kota Denpasar pada Pemilu 2024 mendatang. Jumlah ini meningkat dari perolehan kursi tahun 2019 sebanyak 22 kursi dan tahun 2014 sebanyak 18 kursi. Ngurah Gede menambahkan, ada dua incumbent di Denpasar yang tidak maju tahun 2024 yakni  I Made Setiadi dan Anak Agung Ketut Sujana. Sementara incumbent yang lain sebanyak 20 orang tetap tampil.

Baca juga:  Dugaan Kecurangan Dalam Proses Verfak Parpol, Pemerintah Diminta Panggil KPU

Sementara Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menambahkan pihaknya optimis meraih 26 kursi karena Ganjar efek. “Bagaimana Ganjar efek terjadi di Denpasar dan Bali. Optimis dengan elektabilitas Pak Ganjar,” katanya. (Asmara Putera/balipost)

 

BAGIKAN