Ratusan anggota Polri mengikuti pelatihan sebagai Polisi RW/Banjar. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebanyak 517 personel Polresta Denpasar mengikuti pelatihan sebagai Polisi RW/Banjar. Polisi RW/Banjar adalah anggota Polri yang disiapkan dan ditugaskan di wilayah RW/Banjar untuk menyelenggarakan pemolisian masyarakat, membangun komunitas yang dapat bekerjasama dengan masyarakat dalam meniadakan gangguan kamtibmas.

Polisi Banjar ini merupakan upaya Polri untuk meningkatkan penyelenggaraan Harkamtibmas dengan menempatkan personel Polri dari berbagai fungsi kepolisian untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

Baca juga:  Tutup Masa Sidang, Ketua DPR Pidato 'Kami Butuh Kritik'

Kegiatan ini digelar di Gedung Lembah Pujian, Denpasar Utara, Kamis (4/5). “Polresta Denpasar mengelar pelatihan Polisi RW atau Banjar ini mempunyai beberapa tugas,” kata Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas.

Pertama, Polisi Banjar bertugas bersinergi dengan elemen masyarakat melaksanakan early morning dan early detection. Kedua, berperan dalam problem solving yaitu mengatasi konflik masalah sedini mungkin. Ketiga, mengoptimalkan dan mengefektifkan peran Polri baik preemtif dan preventif.

Baca juga:  Ratusan Liter Arak Disita dari Sejumlah Warung

“Melalui pelatihan ini kita harap mereka siap melaksanakan tugas sehingga kedepan bisa menjadi polisi yang lebih bermanfaat di masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut Kapolresta Bambang menyampaikan, melalui elaborasi yang telah berjalan, ia mohon dukungan Walikota Deny, Dandim 1611/Badung dan Forum Sipandu Beradat sehingga apa yang dilakukan Polri melakukan program ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

“Seluruh personel Polisi RW/Banjar yang menerima pelatihan agar benar-benar memahami apa yang disampaikan narasumber. Sehingga apa yang disampaikan dapat diimplementasikan di lapangan sehingga tujuan dari program Polisi Banjar dapat terwujud di wilayah Polresta Denpasar,” terangnya. (Kerta Negara/balipost)

Baca juga:  Liga 3 Rayon Bali, PS Badung Ditahan Putra Tresna
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *