Massa buruh memasuki Istora Senayan pada Hari Buruh Internasional, Jakarta, Senin (1/5/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Istora Senayan, Jakarta Pusat, dipadati para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) untuk memperingati Hari Buruh Internasional (May Day), pada Senin (1/5). Buruh kompak mengenakan kaos dan membawa bendera berwarna oranye bertuliskan “FSPMI” memasuki gedung olahraga tersebut.

Selain itu, ada juga buruh yang beristirahat di dekat kios usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) maupun halaman rumput yang ada di seberang gedung.

Baca juga:  Ratu Vashti Wakili Indonesia di Kontes Miss Eco Internasional

Dua poster raksasa setinggi gedung Istora Senayan yang bertuliskan sejumlah tuntutan sudah terpasang sejak pukul 10.05 WIB.

Tak hanya itu, poster berwarna oranye juga mengelilingi pagar sekitar Istora Senayan dekat dengan jalur pejalan kaki.

Aparat Kepolisian sudah berjaga dari pintu masuk Gelora Bung Karno hingga gedung Istora Senayan menjalankan pengamanan agar aksi buruh berjalan tertib dan lancar.

“Kami datang ke sini dari jam 8 pagi, kami ke sini juga menuntut hak kami dalam mencari nafkah,” kata salah satu buruh di lokasi tersebut, dikutip dari kantor berita Antara.

Baca juga:  Dilantik Anggota MPR, Supadma Perkenalkan Gerakan Bela Budaya

Peringatan Hari Buruh Internasional pada Senin (1/5) berlangsung dengan beberapa titik kumpul, dimulai dari Balai Kota dilanjutkan ke Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi, hingga Istora Senayan dengan menggelar kegiatan “May Day Fiesta 2023”.

“Salah satu kegiatan dalam May Day Fiesta, yakni Teater Marsinah dan Pentas Musik,” kata Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden KSPI Said Iqbal dalam keterangannya. Disebutkan sebanyak 50 ribu buruh menghadiri peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Penghormatan Terakhir, Palebon Cok Budi Suryawan Diawali Upacara Kedinasan
BAGIKAN