Suasana di Pelabuhan Gilimanuk. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Memasuki libur panjang lebaran, pintu masuk Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk juga dipadati dengan kendaraan pribadi (KK) wisatawan domestik. Pada Rabu (19/4), setiap bongkaran kapal yang bersandar dari Ketapang di dermaga Gilimanuk, dipadati mobil pribadi yang masuk ke Bali dengan tujuan untuk liburan.

Pemeriksaan di pos KTP juga tetap dilakukan. Sebagian besar yang masuk Bali merupakan warga dari berbagai daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang hendak berlibur di Bali selama libur panjang Lebaran.

Baca juga:  Pembayaran Non-Tunai di Denfest Belum Direspon Maksimal

Hendi (37) salah seorang wisdom asal Surabaya mengaku ke Bali di masa liburan ini untuk berlibur. Ia bersama keluarga mengaku sudah memesan (booking) penginapan hingga seminggu menikmati liburan di Bali. “Sudah booking jauh hari, maunya kemarin berangkat. Tapi menunggu keluarga lain, jadi sekarang sudah masuk Bali. Tadi lancar penyeberangan tidak macet dari Ketapang,” katanya.

Ia sengaja memilih liburan di saat Lebaran, karena lamanya waktu libur dan sebagian besar warga di Pulau Jawa merayakan Lebaran.

Baca juga:  Ini, Rekomendasi DPRD Bali Terkait Ranperda APBD 2021

Sementara itu, Kepala Bidang Perhubungan pada Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan Jembrana, I Gede Ariadi yang juga melakukan pengawasan dan pengaturan di Gilimanuk membenarkan mulai adanya kenaikan jumlah kendaraan yang masuk ke Bali. Terutama, kendaraan bernopol asal Jawa Timur, seperti Malang, Surabaya dan sekitarnya.

“Mereka tujuannya berlibur, tadi sudah mulai banyak yang masuk diperiksa di pos KTP,” ujarnya.

Petugas membagi pemeriksaan selain masuk ke Pos KTP di Terminal Gilimanuk, juga ada yang diperiksa langsung di luar Pos KTP. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan kemacetan. (Surya Dharma/balipost)

Baca juga:  Kemendikbud Ristek "Diancam" Presiden, Anggaran Belanja Produk Dalam Negeri Masih Kecil
BAGIKAN