Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat pembukaan Rakercab Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jembrana, Minggu (16/4) di Aula Jimbarwana. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jembrana menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Tahun 2023 di Aula Lantai II Jimbarwana, Kantor Bupati Jembrana, Minggu (16/4). Rakercab yang baru bisa dilaksanakan usai pandemi COVID-19 dibuka oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jembrana.

Dalam pembukaan Rakercab yang juga dihadiri Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna selaku Wakamabicab, diberikan penghargaan ke lembaga/instansi yang telah mendukung dan membantu Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jembrana dalam melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya unsur dinas Pemerintah Kabupaten, Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Basarnas, Organisasi Olahraga, Jurnalis hingga pihak swasta.

Baca juga:  Desa Adat Berangbang Lestarikan Bahasa Bali

Rakercab dilaksanakan dalam rangka penyampaian laporan pertanggungjawaban tahun 2022, penyampaian program kerja tahun 2023 dan penyusunan rencana kerja tahun 2024 dengan tujuan untuk mendapat masukan-masukan agar program kerja dapat terlaksana dengan baik.

Bupati Tamba selaku Kamabicab Kwarcab Gerakan Pramuka Jembrana meminta seluruh anggota Pramuka memiliki ide-ide kreatif sesuai dengan perkembangan jaman dalam mengembangkan pendidikan kepramukaan yang tidak terlepas dari tujuan dasar Gerakan Pramuka.

“Gerakan Pramuka saya harapkan terus melakukan terobosan dan inovasi-inovasi dalam pengembangan pendidikan kepramukaan sejalan dengan tujuan pokok Gerakan Pramuka yaitu menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi generasi muda guna menumbuhkan tunas bangsa yang berkarakter agar menjadi generasi yang bertanggung jawab,” ucap Bupati Tamba.

Baca juga:  Siapkan Regu Berprestasi Tinggi, Kwarcab Badung Gelar Lomba Tingkat III

Orang nomor satu di Jembrana ini juga meminta Gerakan Pramuka bisa memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat serta bersinergi dengan Pemerintah untuk menjalankan program-program dalam pengembangan Sumber Daya Manusia sehingga tercapai masyarakat Jembrana yang berdaya saing menyongsong Jembrana Emas 2026.

“Gerakan Pramuka selain menggerakkan dan menguatkan organisasi secara internal, juga memiliki kewajiban untuk berperan aktif mewujudkan masyarakat Jembrana yang bahagia menuju Jembrana Emas 2026 dengan bersinergi dan mendukung program dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Jembrana,” ujar Bupati Tamba.

Sementara, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Jembrana I Made Budiasa menjelaskan pelaksanaan Rakercab merupakan agenda rutin tahunan sebagai langkah pengendalian operasional organisasi Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Jembrana.

Baca juga:  Bupati Suwirta Minta Siswa Tanamkan Sikap Gema Santi di Sekolah

“Rakercab ini dimaksudkan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagaimana tertuang pada AD/ART sebagai langkah pengendalian organisasi berupa penyampaian laporan keuangan, program kerja dan pembahasan rancangan kerja pada tahun berikutnya,” ucapnya.

Budiasa menambahkan, Rakercab yang diselenggarakan selama satu hari ini dilakukan dengan sidang pleno yang dipimpin oleh tiga orang pimpinan sidang dan komisi sesuai dengan bidang yang terdapat dalam kepengurusan Kwarcab Jembrana.

“Peserta terdiri atas Pengurus Kwarcab, Pusdiklatcab Kwarcab, Lembaga Pemeriksaan Keuangan Kwarcab, Organisasi Pendukung seperti Satuan Karya dan Badan Usaha, Badan Kelengkapan seperti Dewan Kehormatan dan Dewan Kerja Penegak Pendega dan Kwartir Ranting,” tutupnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *