AKBP Ricko AA Taruna. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Ratusan ogoh-ogoh bakal diarak saat malam Pengerupukan serangkaian pelaksanaan Nyepi. Untuk itu, petugas kepolisian akan melakukan penjagaan untuk melakukan pengamanan pelaksanaan tersebut agar berjalan dengan lancar dan aman.

Kapolres Karangasem, AKBP Ricko AA Taruna, Senin (20/3) mengungkapkan, untuk tahun ini cukup banyak ogoh-ogoh diarak saat malam Pengerupukan. Kata dia, jumlah ogoh-ogoh mencapai 500 lebih yang tersebar di delapan kecamatan.

Baca juga:  Lebih dari Seribu Ogoh-Ogoh akan Diarak, Polres Buleleng Kerahkan 800 Personel

Untuk pengamanan itu, pihaknya akan menerjunkan personel ke masing-masing wilayah yang dijadikan tempat pawai ogoh-ogoh. Termasuk bekerja sama dengan para pecalang untuk melakukan pengamanan.

“Perayaan Nyepi tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena tahun sebelum tidak dilaksanakan pengarakan ogoh-ogoh. Jadi, untuk pengamanan ini menjadi atensi kami sehingga pelaksanaan pengarakan ogoh-ogoh berjalan dengan lancar dan aman,” ucapnya.

Rico mengatakan, demi kelancaran pengarakan ogoh-ogoh, pihaknya mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga ketertiban. Selain itu juga, warga juga tidak diizinkan untuk mengkonsumsi minuman keras (miras) saat malam pengerupukan agar tercipta suasana yang kondusif.

Baca juga:  Pengedar 1 Kilo Narkoba Digerebek di Hotel

“Jika sudah dipengaruhi miras tentu akan mudah timbul gesekan saat mengarak ogoh-ogoh sehingga bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Kami berharap suasana malam pengerupukan tetap kondusif,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *