Kapolres Badung AKBP Teguh Priyo Wasono saat menaikan paket sembako dalam rangka Nyepi yang nantinya dibagikan ke anggotanya. (BP/ken)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Meski baru beberapa hari menjabat Kapolres Badung, AKBP Teguh Priyo Wasono langsung menggerakkan personelnya untuk mematangkan persiapan pengamanan rangkaian hari raya Nyepi. Pihaknya mengerahkan 415 personel untuk menjaga kondusivitas perayaan Nyepi.

Diimbau wisatawan asing dan domestik agar saling menjaga toleransi supaya perayaan Nyepi berlangsung aman, nyaman, kondusif dan hikmat. Hal ini disampaikan Kapolres Teguh usai pimpin apel perdana di Mapolres, Mengwi, Senin (20/3). “Kami sudah melakukan deteksi dini dan rapat koordinasi pelaksanaan pengamanan hari raya Nyepi dengan instansi terkait,” ujarnya.

Baca juga:  Polres Badung Amankan Ribuan Pil Koplo Transit di Bali

Menurutnya, rangkaian kegiatan Nyepi ada melasti, pengerupukan, dan pawai ogoh-ogoh, sudah direncanakan pengamanannya. Pihaknya sudah membuat surat perintah pengamanan dan mengerahkan 415 personel yang ditempatkan di seluruh wilayah Polres Badung.

Personel Polres Badung tersebut juga mem-back up polsek-polsek. “Kami mengimbau seluruh masyarakat termasuk wisatawan asing dan domestik untuk menjaga toleransi yang sebesar-besarnya terhadap adanya kegiatan Nyepi ini. Kita saling toleransi dan hormati agar pelaksanaannya lancar, kondusif dan hikmat saat masyarakat merayakan Nyepi,” ujar mantan Kasubbid I Ditreskrimsus Polda Bali ini.

Baca juga:  Lakalantas Maut di Lukluk, Pemotor Tewas

Selain itu, kapolres asal Nganjuk, Jawa Timur ini menyampaikan saat pawai ogoh-ogoh masyarakat mengutamakan kondusivitas. Oleh karena itu diharapkan tidak melakukan perbuatan-perbuatan menimbulkan permasalahan, misalnya berkelahi, mengganggu pengguna jalan, mabuk-mabukan dan mengomsumsi minuman keras. “Karena kalau dalam pengaruh alkohol kesadaran kita tinggal sekian persen, tidak terkontrol. Kami mengimbau jangan mengonsumsi minuman beralkohol,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN