Ilustrasi pelanggan mengganti Simcard dengan uSIM secara mandiri. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Jaringan di 3 kabupaten di Bali, yaitu Bangli, Karangasem, dan Klungkung akan dialihkan sepenuhnya dari 3G ke 4G/LTE. Prosesnya akan dimulai pada Maret ini.

Selain di 3 kabupaten di Bali, ada 3 wilayah di Nusa Tenggara Barat, yakni Dompu, Bima, dan Sumbawa yang juga dimigrasikan ke LTE. Proses pemerataan jaringan 4G/LTE ini, dikatakan General Manager Region Network Operations and Productivity Bali Nusra, Hersetyo Pramono, merupakan kelanjutan yang sudah dimulai sejak Maret 2022 dan sudah mencakup 204 kota/kabupaten dari total 504 kota/kabupaten yang ditargetkan di Indonesia.

Baca juga:  Penggerebekan Rumah Anggota Dewan, 6 Orang Ditetapkan Tersangka

“Sejak tahun lalu Telkomsel secara bertahap dan terukur melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di beberapa wilayah di Indonesia. Kami optimis, proses upgrade layanan jaringan tersebut mampu meningkatkan ekonomi digital nasional,” katanya dalam rilis yang diterima, Rabu (15/3).

Melalui proses upgrade jaringan dari 3G ke 4G/LTE ini, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan di 2022 (YoY) yang menggunakan uSIM 4G sebesar 7,3 persen. Ini, diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 18,2 persen (YoY).

Baca juga:  Sambut Lebaran 2017, Lebih dari 175 BTS Dibangun di Bali Nusra

Bagi pelanggan yang ingin melakukan migrasi ke uSIM 4G diharapkan juga terlebih dahulu untuk melakukan pengecekan terhadap ketersediaan jaringan 4G di wilayahnya dan dukungan 4G pada perangkat yang digunakan. Proses upgrade jaringan 3G ke 4G dilakukan secara bertahap dan terukur dengan tetap mengedepankan kenyamanan pelanggan dan menyesuaikan kesiapan ekosistem 4G secara keseluruhan. (kmb/balipost)

BAGIKAN