Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya saat diwawancara mengenai dampak Harpitnas bagi pariwisata di Denpasar, Selasa (28/2/2023). (BP/Ant)

DENPASAR, BALIPOST.com – Hari Kejepit Nasional (Harpitnas) yang digaungkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terealisasi maka akan dapat berdampak ke kunjungan domestik. Hal itu dikatakan Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya, dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (28/2).

“Dampaknya kan ke wisatawan domestik biasanya, karena Harpitnas ini terkait dengan pangsa pasar domestik,” kata Rai saat ditemui di Kantor Dinas Pariwisata Bali di Denpasar, Selasa.

Baca juga:  Peserta Lomba Membludak, Festival BMW 2017 Biak Cari Jawara Foto

Wakil Ketua PHRI Bali yang sekaligus Ketua PHRI Badung itu memperkirakan dengan adanya libur Harpitnas atau cuti bersama ini dapat meningkatkan setidaknya 5 persen kunjungan domestik.

Selain itu, sebagai pelaku pariwisata di bidang perhotelan, Rai berharap agar libur tambahan tersebut dapat mendorong peningkatan okupansi hotel di Bali agar mencapai 70 persen. “Rata-rata saat ini okupansi hotel 65 persen, dengan 13 ribu wisatawan mancanegara dan 15 ribu wisatawan domestik. Untuk rata-rata tingkat hunian kita 65 persen, mudah-mudahan (dengan adanya Harpitnas) 70 persen,” ujarnya.

Baca juga:  Bali Masih Kekurangan Wirausahawan

PHRI Bali sendiri mengaku mendukung realisasi dari Harpitnas yang diusulkan Menparekraf Sandiaga Uno, karena dinilai akan membuka peluang untuk berlibur dan menguntungkan sektor pariwisata.

Sebelumnya, Sandiaga Uno dalam pertemuannya secara daring dengan asosiasi pariwisata termasuk PHRI, Senin (20/2) mengatakan bahwa Harpitnas akan didorong realisasinya pada tahun ini.

Ini dilakukan sebagai upaya menyelamatkan industri perhotelan di Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19 dua tahun terakhir. “Kami mendorong regulasi hari libur nasional berbasis Harpitnas atau cuti bersama untuk bisa dapatkan paling tidak dua kali lagi pada tahun ini,” katanya. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Mulai 22 Maret, Enam DTW di Gianyar Ini Tutup Sementara
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *