Launching- Bupati Karangasem, I Gede Dana saat melaunching dua rayon Abang II dan Kubu II itu, pada Senin (20/2). (BP/Ist)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Program layanan Antar Jemput Pasien (AJP) semakin dimintai oleh masyarakat Karangasem. Melihat situasi itu, Pemkab Karangasem melalui Dinas Kesehatan Karangasem kembali menambah dua rayon untuk mempermudah jangkauan termasuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Launching dua rayon Abang II dan Kubu II itu dilakukan langsung oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana, pada Senin (20/2).

Bupati I Gede Dana, mengungkapkan, dua rayon tersebut yakni di Kecamatan Kubu dan Kecamatan Abang. Dengan penambahan dua rayon itu, di kecamatan Kubu dan Abang saat ini terapat dua rayon sehingga di seluruh Karangasem terdapat 10 rayon.

Kata dia, salah satu penyebab ditambahnya rayon Kubu II dan Abang II tidak lain lantaran melihat jumlah pengguna program layanan AJP di tahun-tahun sebelumnya.

“Di dua kecamatan itu, kata bupati, pengguna AJP cukup tinggi sehingga pihaknya pun menambah Kembali rayon Kubu dan Abang. Selain Kecamatan Karangasem, Rayon Kecamatan Kubu dan Abang memang paling tinggi jumlah pengguna AJP sehingga rayon di dua kecamatan itu kita tambah, sementara untuk Kecamatan Karangasem masih tetap karena dekat dengan RSUD maupun RS Swasta,” ujarnya.

Baca juga:  Pertahankan Zero Rabies, Denpasar Vaksinasi Puluhan Ribu Anjing

Gede Dana, menambahkan, untuk menambah rayon di dua kecamatan ini, pihaknya tetap tidak ada melakukan rekrutmen tenaga baik petugas pendamping, sopir maupun tenaga Kesehatan. Namun, para petugas ini merupakan tenaga kontrak yang ada di sejumlah dinas. Begitu juga kendaraan operasional juga pergeseran dari sejumlah OPD. “Untuk semua kendaraanya maupun petugasnya semuanya tenaga kontrak yang sudah lama, dari sejak awal AJP di bentuk kami tidak ada melakukan pengangkatan tenaga kontrak maupun membeli mobil baru,” katanya.

Baca juga:  Kisruh, Wabup Sutjidra akan Evaluasi Manajemen RSUD Buleleng

Bupati Gede Dana mengatakan, dengan melihat tren peningkatan pengguna AJP, kedepanya pihaknya juga sedang merancang AJP yang terintegrasi dengan dinas lainya. Dicontohkan, nantinya petugas AJP akan langsung mengecek keberadaan infrastruktur, kondisi rumah maupun mencari tahu keberadan pasien itu sendiri. “Rencana terintegrasi sudah ada, kami belajar dari pelayanan serupa di Makassar, bedanya di Makassar mereka mempergunakan sepeda motor, tetapi kami di sini mobil,” jelasnya.

Dia meminta para petugas AJP di rayon baru dalam melaksanakan tugas menjemput maupun mengantar pasien agar tetap memberikan kenyamanan kepada pasien. Hal ini sangat penting agar pasien merasa nyaman sehingga nantinya pasien bisa memiliki semangat dalam menghadapi penyakitnya. “Kalau pasien sudah nyaman, saya yakin mereka ada semangat untuk sembuh, seberapapun bapak ibu memiliki beban dirumah, setelah sudah bertugas agar itu dihilangkan,” Pinta Gede Dana.

Baca juga:  Bupati Gede Dana Tinjau Jembatan dan Jalan Rusak

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama menyampaikan, dengan di launchingnya AJP rayon Kubu II dan Abang II menjadikan saat ini di kabupaten Karangasem memiliki 10 rayon AJP. Kesepeluh Rayon itu, sebutnya, tersebar di seluruh kecamatan terkecuali di kecamatan Kubu dan Abang memiliki dua rayon. “Diluar dua kecamatan itu masing-masing memiliki satu rayon saja, hanya dua kecamatan memiliki dua rayon,” katanya.

Pertama, menambahkan, terkait rencana AJP terintegrasi, pihaknya juga sudah memiliki rencana terkait hal itu. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan nantinya AJP dilengkapai fasilitas pendukung berupa GPS didalam kendaraanya untuk memudahkan operator mengetahui kemana saja mereka mengantar maupun menjemput pasien. “Rencana itu sudah kita siapkan, tetapi masih perlu penyempurnaan lagi sebelum benar-benar direalisasikan,” imbunya. (Adv/Balipost).

BAGIKAN