Tangkapan layar peta siklon tropis Freddy di Samudera Hindia selatan Jawa Timur, Kamis (9/2/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Aktivitas Siklon Tropis Freddy di selatan Jawa berpotensi memicu hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi di beberapa wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi, BMKG, Guswanto di Jakarta, mengemukakan bahwa siklon tropis Freddy itu memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di wilayah Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Baca juga:  Sejak Varian Delta Masuk, Anak-anak Terkena COVID-19 Alami Peningkatan

“Sementara itu angin kencang lebih dari 25 knot berpotensi terjadi di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta,” paparnya, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (9/2).

Ia menambahkan Siklon Tropis Freddy juga berdampak pada tinggi gelombang di perairan Indonesia, di kisaran 1,25 – 2,5 meter berpotensi terjadi di Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Perairan selatan Bali hingga Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, Selat Sape bagian selatan, Laut Sawu, dan Samudra Hindia Selatan Nusa Tenggara Barat.

Baca juga:  Terseret Arus, Perahu Nelayan Nyaris Tertabrak Kapal di Selat Bali

Untuk gelombang lebih tinggi di kisaran 2,5 – 4 meter berpotensi terjadi di Perairan selatan Jawa Tengah hingga Jawa Timur dan Samudra Hindia selatan Jawa Barat hingga Bali.

Saat ini Guswanto menyampaikan Siklon Tropis Freddy terpantau berada di Samudera Hindia selatan Jawa Timur dengan kecepatan angin maksimum 75 knot dan tekanan udara minimum sebesar 970 mb (milibar) bergerak ke arah Barat. “Diperkirakan intensitas Siklon Tropis Freddy meningkat dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah Barat menjauhi wilayah Indonesia,” paparnya. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Gempa Guncang Karangasem, Kekuatannya 3,1 SR

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *