Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Rambut rusak mungkin membuatmu tidak mood seharian. Masalah rambut lepek, rambut kering, hingga ketombe dapat mengganggu keseharianmu dan berpengaruh pada penampilanmu.

Untuk mengatasinya, kamu dapat membuat masker rambut alami yang bahannya dapat ditemukan di sekitarmu. Berikut beberapa masker rambut alami yang dilansir dari Good Housekeeping :

1. Masalah Rambut Tipis

Memiliki rambut yang tipis mungkin membuatmu ingin menyembunyikan kulit kepala yang terlihat. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat menggunakan masker alami yang kaya protein. Campurkan dua kuning telur, dua buah pisang, madu, kondisioner, dan minyak zaitun. Oleskan campuran bahan tersebut dan biarkan selama 20 hingga 30 menit.

2. Masalah Rambut Rapuh

Rambut rapuh dapat menyebabkan kerusakan dan rambut menjadi kusam. Kamu dapat menggunakan kuning telur untuk membantu memperkuat dan menutrisi folikel rambut. Campurkan sedikit lemon ke dalam kuning telur untuk mengurangi bau telur. Oleskan campuran bahan tersebut dari akar hingga ujung dan diamkan selama 30 menit sampai satu jam.

Baca juga:  Ada Sanksi!! Warga Melintas Tanpa Masker di Dalung

3. Masalah Rambut Bergelombang dan Ikal yang Berantakan

Campuran madu dan sirop merupakan humektan alami, yaitu bahan yang menarik dan mengunci kelembapan, serta dapat merawat rambut keriting sekaligus menghidrasi rambut yang haus. Untuk membuat masker ini, kamu dapat mencampurkan sirup maple, minyak zaitun, madu, pisang, air, lemon, dan tepung terigu.

Campurkan semua bahan dan hangatkan di kompor. Kemudian, oleskan bahan tersebut dan diamkan selama 45 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga:  Karantina PMI, Denpasar Siapkan Gedung Ini dan Jajaki Hotel

4. Masalah Rambut Kering dan Rusak

Untuk mengatasi masalah rambut kering dan rusak, kamu bisa melakukan perawatan di malam hari. Gunakan minyak kelapa dan panaskan di microwave, kemudian pijat ke rambut yang basah. Diamkan selama semalam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Oleskan minyak kelapa hanya pada area yang kering dan rusak, biasanya ada pada bagian tengah hingga ujung rambut.

5. Masalah Kulit Kepala Gatal

Kulit kepala gatal disebabkan oleh banyak hal, mulai dari masalah serius seperti psoriasis atau masalah kecil seperti kekeringan. Kamu bisa menggunakan minyak pohon teh yang efektif untuk mengobati penyakit kulit kepala, termasuk kondisi antijamur. Teteskan tiga tetes minyak pada kapas dan oleskan pada kulit kepala.

Baca juga:  Begini Caranya Mengatasi Rambut Rontok

6. Masalah Rambut Keriting dan Kusut

Kutikula yang terangkat tidak hanya memengaruhi kilau rambut, tapi juga dapat menimbulkan rambut kusut. Kamu dapat menggunakan minyak jarak untuk bertindak sebagai pelindung termal dan dapat membantu menyembuhkan rambut karena sifat omega-9 di dalamnya.

7. Masalah Ketombe

Ketombe merupakan gangguan kulit kepala yang melibatkan pengelupasan sel kulit mati dengan cepat. Untuk melawan ketombe, kamu dapat menggunakan jahe yang memiliki sifat anti-inflamasi untuk menenangkan kulit kepala dan mengendalikan ketombe.

Parut halus setengah akar jahe ke dalam dua gelas air dan rebus air tersebut. Kemudian, tambahkan satu sendok makan jus lemon dan minyak zaitun. Semprotkan ke kulit kepala dan biarkan hingga kering, lalu bilas dengan keramas. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *