Desa Adat Batur gelar upacara mecaru di puncak Gunung Batur. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Selasa (31/1), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Sejumlah Gunung akan Masuk Kawasan Suci, Jalur Pendakian akan Diatur

DENPASAR, BALIPOST.com – Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Bali Tahun 2023-2043 telah disahkan dalam Rapat Paripurna ke-3 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2023 di Ruang Sidang Utama DPRD Provinsi Bali, Senin (30/1). Salah satu pembahasan muatan prinsip substantif adalah Penyesuaian Kawasan Suci menjadi Ketentuan Khusus.

Pasalnya, kawasan tempat suci digambarkan dalam Peta Rencana Pola Ruang sesuai skala RTR didasarkan atas adanya bangunan tempat suci dan jarak tertentu di sekitarnya yang perlu dilindungi. Hal ini penting bagi Bali dalam rangka penjagaan ketahanan budaya dan taksu Bali.

Baca juga:  Simulasi Elektabilitas Capres 2024, Tiga Tokoh Ini Unggul

Selengkapnya baca di sini

2. Gelapkan Ratusan Juta Rupiah, Pegawai SPBU Rekayasa Penjambretan

TABANAN, BALIPOST.com – Seorang karyawan SPBU di wilayah Kabupaten Tabanan, menggelapkan uang perusahaannya sebesar Rp671 juta lebih. Guna menutupi perbuatan yang telah dilakukan selama dua tahun tersebut, Ni Kadek Duwi Widiantari (27) asal Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan ini merekayasa penjambretan.

Ia mengarang cerita menjadi korban jambret di bawah Jembatan Sanggulan, Jalan Bypass Ir. Soekarno, Desa Banjar Anyar, Kediri, pada Senin (30/1). Bahkan dalam aksi mengelabui perusahaannya ini, ia mengajak rekan kerjanya I Made Ariana (40) asal Desa Tegal Mengkeb, Selemadeg Timur.

Selengkapnya baca di sini

3. Dua Pemotor Terluka, Sempat Nyangkut di Bawah Mobil

SINGARAJA, BALIPOST.com – Peristiwa kecelakaan lalulintas (lakalantas) terjadi di jalan nasional Singaraja – Gilimanuk Km, 49.000, Desa Penyabangan Kecamatan Gerokgak, Selasa (31/1). Dari lakalantas ini, dua orang pemotor terluka bahkan sempat tersangkut di bawah mobil.

Baca juga:  Gempa Turun Drastis, PVMBG Justru Khawatir

Kepala Seksi (Kasi) Humas AKP Gede Sumarjaya seizin Kapolres Buleleng AKBP Made Dhanuardana mengatakan, dari pemeriksaan di lokasi kejadian, lakalantas ini berawal ketika pengendara sepeda motor, Ketut Sandi asal Desa Penyabangan membonceng anak yang masih di bawah umur Komang AY. Keduanya datang dari arah Gilimanuk akan menuju Gerokgak.

Selengkapnya baca di sini

4. Puluhan Komputer Travel Dicuri, Satpam Ditangkap

DENPASAR, BALIPOST.com – Pandemi COVID-19 membuat sebuah perusahaan travel di Jalan Pulau Moyo, Pedungan, Denpasar Selatan, tutup. Pada Selasa (17/1) diketahui delapan outdoor AC, 25 komputer, dan 20 unit monitor senilai Rp 112 juta, raib.

Pelakunya, Wayan Santika (31) tak lain satpam perusahaan tersebut. Uang hasil menjual barang-barang itu dipakai foya-foya.

Baca juga:  Penerimaan SNBP Unud Diumumkan Selasa, Sebanyak 2.157 Pendaftar Dinyatakan Lolos

Selengkapnya baca di sini

5. Kasus LPD Sangeh, Sejumlah Karyawan dan Staf Ikut Terseret

MANGUPURA, BALIPOST.com – I Nyoman Agus Aryadi, mantan Kepala LPD Sangeh, Badung, Selasa (31/1) mulai diadili di Pengadilan Tipikor Denpasar. Pria berusia 52 tahun itu didakwa atas dugaan tindak pidana korupsi di LPD Desa Adat Sangeh sebesar Rp 57.208.232.924. Selain itu, dalam dakwaan jaksa sejumlah karyawan dan staff LPD ikut terseret dalam kasus kredit fiktif itu.

Mendengar dakwaan JPU Anak Agung Gede Lee Wisnhu Diputera, yang dibacakan jaksa Yusmawati di hadapan Hakim Tipikor Denpasar yang diketuai Agus Akhyudi, terdakwa melalui kuasa hukumnya Putu Angga Pratama Sukma dkk., mengajukan keberatan, sehingga pihak terdakwa mengajukan eksepsi atas dakwaan dakwaan JPU tersebut.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *