Ilustrasi. (BP/kmb)

DENPASAR, BALIPOST.com – Ketika bepergian sendiri atau bahkan bersama teman, kamu bisa saja tersesat di tempat yang tidak kamu ketahui. Tersesat mungkin akan membuatmu panik, sehingga tidak tahu harus melakukan apa.

Jika kamu tersesat, coba ikuti tips berikut ini :

1. Jangan Panik

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat tersesat adalah jangan panik dan berusahalah untuk tetap tenang. Jika kamu sudah telanjur panik, cobalah untuk menepi dan berhenti sejenak. Kamu bisa menarik napas dalam-dalam agar lebih rileks, dan sebisa mungkin jangan memikirkan hal-hal negatif.

Baca juga:  5 WNA Nekat Daki Gunung Agung Diamankan

2. Hindari Jalan Sepi

Saat kamu tersesat, cobalah untuk mencari jalan yang ramai terlebih dahulu sebelum menepi. Tidak ada yang bisa menebak bahaya atau kejahatan yang mungkin saja terjadi, apalagi jika kamu tidak familiar dengan tempat tersebut. Setidaknya, berada di tempat ramai akan memudahkanmu dalam meminta pertolongan.

3. Gunakan Aplikasi Petunjuk Jalan

Jika jaringan internetmu masih aman, sebaiknya gunakan aplikasi petunjuk jalan. Namun, terkadang aplikasi petunjuk jalan malah membuatmu tersesat. Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa memilih rute yang dilalui mobil, sehingga kamu akan terhindar dari gang-gang kecil. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Waze yang mirip dengan Google Maps, tapi lebih akurat.

Baca juga:  Jelang IBTK Besakih, Lahan Pribadi Dipasangi Plang Larangan Parkir Pemedek

4. Tanya Masyarakat Setempat

Seperti kata pepatah “Malu bertanya, sesat di jalan”. Beranikan dirimu untuk bertanya pada masyarakat setempat. Perasaan malu dan ragu hanya akan membuatmu semakin tersesat dan bisa-bisa kamu tidak bisa sampai di tujuan.

5. Ikuti Papan Petunjuk

Di beberapa jalan biasanya terdapat papan petunjuk. Kamu bisa mencoba mengikuti papan petunjuk yang mengarah ke tempat yang ingin kamu tuju. Namun, tentu saja papan petunjuk ini jarang terlihat. Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu bertanya ke masyarakat setempat.

Baca juga:  Tukad Mati di Jalan Rsimuka Denpasar Berwarna Merah, Warga Harap Ditertibkan

Kunci utama ketika tersesat adalah jangan panik dan berani untuk bertanya pada masyarakat setempat. Dijamin, kamu akan sampai di tempat tujuan dengan selamat. (kmb/balipost)

BAGIKAN