Tim kabaddi putri Badung yang mewakili Indonesia di ajang kejuaraan in internasional kabaddi pantai, di Thailand 2022. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Tercatat 13 atlet kabaddi Badung dioanggil Pengprov Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI) Bali, guna latihan bersama dengan atlet dari kota dan kabupaten se-Bali. Hanya, sejauh ini belum diketahui tujuan latihan bersama, untuk persiapan pembentukan tim, yang diproyeksikan pada event apa.

Ketua Harian FOKSI Badung, I Kadek Sudharma Hariawan, di Badung, Kamis (26/1), mengemukakan, kalender event kabaddi 2023 ini, cukup padat mulai Asian Games (AG) di Hangzhou, China, ditambah kejuaraan junior di Malaysia, Piala Asia, turnamen internasional di Iran, Bangladesh, Pakistan, termasuk Badung berniat menggelar turnamen internasional kabaddi pantai, Mei mendatang. “Astungkara, doakan kami menggelar kejuaraan beach kabaddi,” tutur Sudharma.

Baca juga:  Kabaddi Badung Bertekad Pertahankan Juara Umum Porprov

Ia menceritakan, tim Badung mengikuti turnamen internasional kabaddi pantai di Thailand (2022), dan hasilnya tim putri meraih perunggu. “Kami mengikuti turnamen internasional, otomatis mengibarkan bendera Timnas Merah-Putih sekaligus mewakili Indonesia,” ungkapnya.

Karena itu, pihaknya berharap pemain kabaddi Badung lebjh banyak diterjunkan pada berbagai event internasional, sehingga menambah jam terbang.
Menurut dia, tim Badung juara umum Porprov Bali, dengan meraup 4 emas, 2 perak, dan 1 perunggu, dari total 8 nomor yang dipertandingkan. “Selain 13 pemain Badung dipanggil latihan bersama, duet pelatih Badung I Putu Rega Padmawan, dan I Gusti Ayu Puru Martini, juga dipanggil untuk menangani tim selama latihan,” ucap Sudharma.

Baca juga:  Tim Kabaddi Putri Badung Raih Perunggu di Thailand

Sementara Ketua Harian FOKSI Bali Maryoto Subekti, menjelaskan, pihaknya memanggil pemain putra (22) dan putri (22) berdasarkan hasil pemantauan selama porprov. “Kami mengumpulkan pemain dan pelatih sejak Desember 2022. Kami memaklumi aktivitas pemain dan pelatih, hingga kami memberlakukan promosi dan degradasi,” kata Maryoto yang juga Sekjen PB FOKSI ini.

Dijelaskannya, mereka yang latihan bersama telah menjalani tes fisik dua kali. “Bahkan, mereka ini merupakan tim bayangan skuad Pra PON, meskipun kami juga belum memutuskan pelatih yang resmi menangani, sebab masih bersifat latihan bersama,” paparnya.

Baca juga:  Timnas Kabaddi Pelatnas di Bali

Tim kabaddi Bali mendulang 2 emas, saat ekshibis pada PON XX/2021 di Papua. Sedangkan PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut, nomor yang dipertandingkan seven for five serta national style kabaddi, putra dan putri. (Daniel Fajry/balipost)

BAGIKAN