Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dimulainya semester genap berarti rangkaian penerimaan mahasiswa baru juga akan segera dimulai, mulai dari SNMPTN, SBMPTN, hingga ujian mandiri. Sebelum mengikuti rangkaian seleksi tersebut, tentunya kamu harus menentukan pilihan jurusan kuliah terlebih dahulu.

Memilih jurusan kuliah bukan hal sepele karena ini terkait dengan masa depanmu. Berikut tips-tips memilih jurusan kuliah yang dapat kamu terapkan :

1. Pikirkan Hal yang Kamu Minati

Hal yang utama dalam memilih jurusan adalah mengikuti minat dan potensi dalam dirimu. Memilih jurusan yang kamu minati akan menghindarimu dari rasa menyesal di masa depan dan kamu akan menjalani kuliah dengan rasa senang. Hal yang kamu minati bisa berasal dari hobimu atau mungkin pelajaran yang kamu sukai ketika sekolah.

Baca juga:  Kerja Sambil Kuliah, Ini Delapan Pekerjaan yang Bisa Dicoba Mahasiswa

2. Pertimbangkan Prospek Kerja Masa Depan

Kamu juga harus berpikir realistis dan berpikir jauh ke depan dengan mempertimbangkan prospek kerja di masa depan. Pertimbangkan apakah jurusan yang kamu pilih memiliki prospek kerja yang luas dan dibutuhkan di masa depan.

3. Lakukan Riset

Setelah kamu menentukan jurusan yang kamu minati, lakukan riset mengenai jurusan tersebut, seperti apa yang akan dipelajari, universitas mana saja yang memiliki jurusan tersebut, dan peluang untuk lolos. Saat ini ada banyak sumber informasi yang dapat kamu gunakan untuk melakukan riset terkait jurusan kuliah, seperti website pendidikan atau platform belajar online.

Baca juga:  5 Jurusan Kuliah Terbaik di Masa Depan, Nomor 3 Cuma Ada Satu di Indonesia

4. Konsultasi dengan Orang Terdekat

Jika kamu masih bingung, kamu bisa berkonsultasi dengan orang terdekat, seperti keluarga atau sahabat. Orang terdekat biasanya akan lebih memahamimu dan bisa saja mereka memberikan solusi yang terbaik.

5. Tetapkan Pilihan Kedua

Saat mendaftar kuliah, kamu mendapatkan peluang untuk memilih dua jurusan kuliah. Daripada hanya terpaku untuk satu jurusan, kamu juga harus menetapkan pilihan kedua yang tepat untukmu.

Baca juga:  Siswa SD Diajak Pahami Keselamatan Penerbangan

Pilihan kedua sebaiknya jangan dipilih sembarangan, sebaiknya kamu juga mempertimbangkan pilihan kedua dengan matang karena bisa saja kamu lolos di pilihan kedua.

6. Jangan Ikut-Ikutan Teman

Memilih jurusan kuliah tidak sama dengan memilih jurusan saat SMA. Kamu tidak bisa lagi ikut-ikutan teman karena ini terkait dengan masa depanmu dan kamu yang akan menjalaninya selama beberapa tahun.

Jangan memilih jurusan kuliah asal-asalan, kamu harus memutuskan sendiri apa yang akan kamu pilih karena masa depanmu adalah tanggung jawabmu. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *