Ilustrasi. (BP/dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Zaman terus berganti, begitu pun kebutuhan kerja di masing-masing bidang. Prospek kerja suatu jurusan tergantung pada perkembangan zaman.

Berikut lima jurusan kuliah terbaik di masa depan yang dilansir dari MyDegreeGuide:

1. Teknik Perminyakan

Jurusan ini mempelajari ilmu tentang eksplorasi, eksploitasi sumber daya alam, dan cara pengolahan minyak. Mahasiswa Teknik Perminyakan juga dituntut untuk inovatif dalam menemukan teknik yang lebih efisien dalam eksplorasi, eksploitasi, dan pengolahannya dalam menghasilkan energi dengan tingkat emisi rendah.

Ahli dalam bidang ini sangat dibutuhkan karena minyak dan gas merupakan sumber daya yang membutuhkan teknik penanganan yang tepat, sehingga perlu waktu lama bagi minyak dan gas untuk terbaharukan. Beberapa universitas di Indonesia yang memiliki jurusan ini, yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Trisakti, hingga UPN Veteran Yogyakarta.

Baca juga:  ILUNI UI Gelar "Konser Kita"

2. Cyber Security

Jurusan Cyber Security mempelajari bagaimana cara memproteksi berbagai industri dan pemerintah, bahkan individu, dari serangan yang ada pada dunia maya (cyber attack). Peluang kerja dan prospek karir jurusan ini sangatlah luas, mulai dari di perusahaan berbasis teknologi maupun perusahaan dari industri lain yang sudah menggunakan teknologi untuk membangun sistemnya.

Di Indonesia sendiri, belum banyak universitas yang menyediakan jurusan ini. Beberapa universitas yang menyediakan jurusan Cyber Security, yaitu Universitas Bina Nusantara, Institut Teknologi Bandung, Universitas Telkom Bandung, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, dan Universitas Tanjungpura.

3. Teknik Nuklir

Teknik Nuklir merupakan jurusan yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya. Teknik Nuklir juga digunakan dalam aplikasi nuklir pada kedokteran, seperti radioterapi dan radiodiagnosis.

Baca juga:  Penurunan Kemampuan Belajar Siswa Akibat Pandemi Perparah Kemiskinan

Perusahaan pertambangan, perminyakan, dan perusahaan yang bergerak di bidang energi sangat membutuhkan tenaga ahli nuklir. Maka dari itu, penghasilan yang dihasilkan di bidang ini sangat fantastis. Satu-satunya universitas di Indonesia yang menyediakan jurusan ini adalah Universitas Gajah Mada.

4. Teknik Perangkat Lunak

Jurusan ini mempelajari cara mendesain dan menganalisis algoritma dan pemrograman menggunakan struktur data yang efisien, serta mengembangkan sistem operasi dan aplikasi berbasis web atau mobile.

Lulusan di jurusan ini dapat berkontribusi di berbagai sektor, mulai dari manufaktur, bank, konsultan, dan lainnya. Dua universitas yang menyediakan jurusan ini, yaitu Universitas Padjajaran dan Universitas Prasetya Mulya.

Baca juga:  Gubernur Koster Fasilitasi 18 Siswa SMA di Bali Raih Beasiswa di 10 Universitas Terbaik di Dunia

5. Fisika

Jurusan ini mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Selain itu, juga akan mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam.

Lulusan jurusan ini diarahkan untuk menjadi ilmuwan. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di perusahaan tambang dan minyak atau industri lainnya. Beberapa universitas yang menyediakan jurusan ini yaitu Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, dan masih banyak lagi.

Nah, itu tadi lima jurusan kuliah terbaik di masa depan. Apakah kamu berminat untuk mengambil salah satunya? Atau apakah salah satunya adalah jurusanmu? (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *