Ilustrasi. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Beberapa universitas telah mengakhiri semester ganjil dan mungkin kini beberapa mahasiswa tengah menunggu nilai semester ganjil keluar. Saat nilai diumumkan, ada yang merasa senang karena hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, sedangkan sebaliknya ada yang merasa kecewa karena hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Jika nilai yang diperoleh belum maksimal, tidak perlu sedih karena kamu masih memiliki kesempatan untuk memperbaikinya. Berikut lima tips yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan atau mempertahankan nilaimu di semester depan.

  1. Aktif di Kelas
    Aktif di kelas bisa menjadi nilai tambah untuk kamu. Semakin kamu aktif dan sering menjawab pertanyaan, dosen akan mengenalimu dan mengingatmu sebagai mahasiswa yang aktif di kelas, dan bisa saja ini menjadi nilai tambah untuk kamu.
  2. Selalu Hadir di Kelas
    Biasanya setiap universitas membatasi berapa kali jatah absen maksimal untuk dapat mengikuti UAS. Meski begitu, alangkah baiknya kamu selalu hadir di setiap pertemuan agar tidak ketinggalan.
  3. Perhatikan Dosen Saat Menjelaskan
    Memperhatikan dosen saat menjelaskan materi tentunya merupakan hal yang penting. Kamu juga bisa mencatatnya agar nantinya bisa kamu pelajari lagi. Jika kamu mudah mengantuk saat kelas, mungkin kamu bisa minum kafein sebelum mengikuti kelas agar semakin mudah untuk fokus dan berkonsentrasi.
  4. Belajar dengan Giat
    Tentunya kamu perlu belajar dengan giat jika ingin mempertahankan maupun meningkatkan nilai. Belajar bukan hanya sebelum ujian, tapi biasakan untuk belajar setiap hari. Cara belajar yang efektif adalah melakukan review materi yang diberikan oleh dosen setelah kelas.
  5. Selalu Mengerjakan Tugas
    Selain kehadiran dan nilai UAS, biasanya nilai tugas juga diakumulasikan dalam nilai akhir. Maka, selalu kerjakan tugasmu dengan sungguh-sungguh dan kumpulkan tepat waktu sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan. Biasanya tugas yang telat dikumpulkan akan berpengaruh pada nilai, maka pastikan selalu mengumpulkan tugas tepat waktu.
Baca juga:  Nadiem Ngaku Guru PAUD

Jalan di depanmu masih panjang dan kesempatan pun masih banyak, jadi jangan terlalu berlarut-larut dalam kesedihan. Daripada bersedih, sebaiknya gunakan waktumu untuk mempersiapkan diri dan mental untuk semester depan. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *