Günther Mohr. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pelatih timnas Jerman Günther Mohr sedang berlibur di Pulau Dewata selama tiga pekan. Untuk itu, pelatih khusus kumite (tarung) ini dijadwalkan bakal memberikan ilmu bela diri karate, kepada karateka Bali, pada sebuah dojo di Kuta, Minggu (15/1).

Ketua Harian FORKI Bali, Ardy Ganggas, di Denpasar, Kamis (12/1), mengemukakan, secara kebetulan Gunther Mohr sedang liburan dan FORKI Bali sangat berkepentingan memetik ilmu bela dirinya. “Oleh sebab itu, kami agendakan Günther bersedia membagikan ilmu dan jurus karatenya, guna meningkatkan kualitas dan teknik bertanding atlet Bali,” katanya.

Baca juga:  Atlet Bali Sabet 3 Emas SEA Games

Rencananya, para karateka Bali yang masuk dalam program Pelatda bakal digembleng Mohr tentang ilmu bela diri karate.

Ketua Umum FORKI Bali Armand Setiawan, menyatakan, pihaknya bertekad memajukan prestasi karate Bali. Caranya, tiga pilar yakni atlet, pelatih, berikut wasit dan juri, dituntut senantiasa meningkatkan kualitas SDM.

“Karate ini bela diri modern yang terus berkembang pesat mulai teknik dan jurus, aturan pertandingan dan sistem penilaian. Jadi, perkembangan bela diri karate harus dipahami jika ingin mengukir prestasi,” tutur Armand.

Baca juga:  Rochineng Jadi Penjabat Bupati Gianyar

Di sisi lain, Binpres FORKI Putu Chris Budhi Setyawan, menambahkan, kehadiran Mohr dikemas dalam pertemuan saling tukar pengetahuan karate (sharing knowledge). “Kami harapkan karateka Bali mampu menyerap sekaligus mempraktikkan ilmu karate yang diberikan Günther,” ujarnya.

Sebelumnya, pelatih timnas Merah-Putih Omita Olga Ompi juga membagikan ilmu karate khususnya kerapian teknik dan peragaan jurus (kata), meliputi teori dan praktik, di Kuta, pada 7-8 Januari. “Kami harapkan kepada pelatih yang menerima pelatihan dari Omita, meneruskan ilmunya kepada atlet di kabupaten dan kota se-Bali. Saya kira ilmu karate, baik kata maupun kumite, sama-sama pentingnya,” papar Chris Budhi. (Daniel Fajry/balipost)

Baca juga:  Krisna Berlatih Teknik dan ‘Sparring’
BAGIKAN