Calon penumpang pesawat membawa barang bawaan di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (9/3/2022). (BP/Dokumen Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Saat bepergian jauh seperti ke luar kota atau luar negeri, terkadang harus menggunakan moda transportasi udara, yaitu pesawat. Untuk kamu yang pertama kali bepergian dengan pesawat, pasti bingung dengan apa yang harus dilakukan dan apa saja yang harus disiapkan.

Nah, supaya tidak bingung, kamu bisa menyimak sembilan hal penting berikut yang harus kamu perhatikan saat bepergian dengan pesawat.

1. Siapkan Tiket dan Dokumen Penting

Saat ini ada banyak aplikasi pesan tiket pesawat secara online. Jika kamu membeli tiket secara online, kamu tidak perlu lagi mencetak tiketnya. Kamu cukup menunjukkan e-tiket saat check-in di bandara. Selain itu, pastikan kamu sudah membawa KTP untuk ditunjukkan ketika check-in dan boarding.

2. Pastikan Bagasi Tidak Melebihi Batas Maksimal

Baca juga:  Sebelum Meninggal, IB Sunarta Jalani Perawatan di RSD Mangusada

Setiap maskapai memiliki kebijakan masing-masing mengenai batas bagasi gratis. Kalau kamu tidak ingin membayar biaya tambahan untuk bagasi, pastikan beratnya tidak melebihi batas yang ditentukan. Kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu di website maskapai atau di internet.

3. Jangan Membawa Benda Terlarang

Peraturan pesawat memang sangat ketat, apalagi menyangkut larangan benda-benda tertentu agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Ada beberapa benda yang tidak boleh masuk ke dalam kabin pesawat, seperti benda tajam, bahan peledak, korek api, rokok elektronik, hingga cairan mudah terbakar. Sebelum naik pesawat, sebaiknya kamu memeriksa aturan mengenai barang yang tidak boleh dibawa ke dalam pesawat.

4. Datang Beberapa Jam Lebih Awal

Keberangkatan pesawat bisa saja lebih awal atau delay. Namun, untuk mengantisipasi agar tidak ketinggalan pesawat, jangan datang terlalu mepet. Selain itu, bisa saja antrian saat check-in di bandara banyak dan memakan waktu yang cukup lama. Jadi, lebih baik datang satu jam atau dua jam lebih awal daripada ketinggalan pesawat.

Baca juga:  GMF Resmikan Fasilitas Landing Gear Shop

5. Pastikan Terminal Sudah Benar

Setiap bandara memiliki sistem yang berbeda-beda, seperti jumlah terminal kedatangan dan keberangkatan yang berbeda-beda. Pastikan terminal keberangkatanmu melalui tiket pesawat dan jangan ragu untuk bertanya lokasi terminal pada petugas bandara.

6. Jangan Bawa Semua Barang ke Kabin

Barang bawaan memang bisa dibawa ke kabin. Tapi, jika barang bawaanmu banyak, jangan bawa masuk semuanya ke kabin karena nanti kamu akan kerepotan. Lebih baik taruh barang besar seperti koper di dalam bagasi.

7. Tunggu di Gate

Baca juga:  Selain Garuda dengan Rute Sydney-Bali, Ada Dua Penerbangan Juga Mendarat Perdana

Setelah kamu melakukan check-in, kamu bisa menunggu keberangkatan pesawat di gate yang telah tertera di tiket pesawat. Saat pesawatmu siap untuk berangkat, petugas akan mengumumkannya melalui speaker, jadi siapkan telinga dan matamu agar tidak ketinggalan.

8. Taati Aturan di Dalam Pesawat

Taati aturan di dalam pesawat, baik itu mengenai penggunaan sabuk pengaman maupun penggunaan benda elektronik. Perhatikan juga instruksi dari pramugari.

9. Ambil Barang di Tempat Pengambilan Bagasi

Saat kamu tiba di bandara tujuan, jangan lupa mengambil barang bawaanmu yang ditaruh di bagasi. Pastikan kamu mengingat bentuk barang atau kopermu agar tidak tertukar dengan milik penumpang lain.

Kamu bisa mengikuti tips-tips di atas agar perjalananmu menyenangkan dan kamu tidak khawatir saat berada di bandara atau di dalam pesawat. (kmb/balipost)

BAGIKAN