Ilustrasi. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Traveling tidak selalu membutuhkan budget yang besar. Kamu juga bisa traveling dengan budget yang minim, loh. Yuk simak tipsnya :

1. Cari Tahu Sebelum Pergi

Tentu saja hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencaritahu tempat yang akan kamu kunjungi sebelum pergi. Alangkah baiknya kamu melakukan riset mengenai tempat-tempat tersebut, seperti biaya hidup hingga harga tiket akomodasi menuju tempat tersebut.

Baca juga:  Keluhuran Nilai “Traveling”

2. Pilih Tempat Wisata yang Gratis

Untuk akses masuk ke tempat wisata biasanya ada yang berbayar dan ada yang gratis. Sebaiknya kamu pilih tempat wisata yang akses masuknya gratis untuk mengurangi pengeluaranmu.

3. Hindari Makan di Tempat Mewah

Harga makanan di tempat mewah biasanya tergolong mahal. Jika tidak ingin menghabiskan uangmu hanya untuk makan di tempat mewah, kamu bisa memilih tempat makan yang sederhana, atau kamu bisa saja mencari tahu harga di tempat tersebut melalui internet.

Baca juga:  Ingin Traveling Hemat? Ini Cara Atur Budget Makan!

4. Hindari Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Melihat barang yang lucu, menarik, dan unik tentunya akan membuatmu ingin membeli barang tersebut. Namun, ada baiknya kamu menahan diri untuk membelinya jika budgetmu minim. Lebih baik simpan uangmu untuk membeli barang-barang yang memang kamu butuhkan.

5. Pilih Hotel yang Dekat dengan Lokasi Wisata

Saat berkunjung ke suatu tempat, mungkin kamu pusing dengan akomodasi di tempat tersebut. Untuk menghindari pengeluaran yang membengkak karena akomodasi perjalanan, kamu bisa menginap di hotel yang dekat dengan destinasi wisata tujuanmu.

Baca juga:  Bupati Bangkalan Dicegat Bepergian ke Luar Negeri

Jangan lupa simpan sebagian uangmu untuk dana darurat karena tidak ada yang bisa menebak apa yang akan terjadi di perjalanan. Jadi, ada baiknya untuk berjaga-jaga. (kmb/balipost)

BAGIKAN